Beranda Berita Nasional Hujan dan Angin Kencang Terjang Ciamis, 2 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ciamis, 2 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

pohon.jpg

harapanrakyat.com,- Hujan dan angin kencang terjang Ciamis, Jawa Barat, pada Sabtu (6/1/2024), menyebabkan sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga hingga rusak.

Seperti yang terjadi di Dusun Tugusari, RT.010, RW.005, Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Sebuah pohon nangka tumbang menimpa rumah milik Jemino Mahmud Zaeni (62).

Selain menimpa rumah warga, pohon nangka yang tumbang itu juga memutus kabel listrik milik PLN.

Adanya kejadian tersebut, Relawan Ciamis Selatan bersama Tagana dan petugas PLN langsung bertindak untuk melakukan evakuasi pohon tumbang.

Hujan dan Angin Kencang Terjang Ciamis, 1 Rumah Rusak di Pamarican

Koordinator Relawan Ciamis Selatan layah Kecamatan Pamarican, Agung Gumelar, mengatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian setelah mendapatkan laporan dari warga terkait adanya rumah yang tertimpa pohon.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Hujan dan Angin Kencang di Kota Banjar, 1 Rumah Tertimpa Pohon Tumbang

“Tadi kami mendapatkan laporan dari warga adanya rumah yang tertimpa oleh pohon. Saat itu juga meski cuaca masih hujan, kami bersama rekan-rekan langsung mendatangi lokasi dan melakukan evakuasi pohon nangka yang menimpa rumah warga,” kata Agung.

Ia menyebutkan, selain menimpa atap rumah warga, pohon nangka yang tumbang juga memutuskan kabel listrik. Sehingga pihaknya langsung meminta bantuan petugas PLN.

“Alhamdulillah, tadi kami bersama Tagana dan petugas PLN langsung bersama-sama mengevakuasi pohon yang tumbang ini,” terang Agung.

Tidak ada korban jiwa saat kejadian pohon tumbang menimpa rumah korban, hanya saja pemilik rumah alami kerugian sekitar Rp 2 juta.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Menurut Agung, jenis kerusakan atap rumah korban tidak begitu parah, sehingga keluarga korban masih aman untuk tinggal dalam rumahnya.

1 Rumah Rusak Parah di Banjarsari

Satu rumah warga di Kecamatan Banjarsari, rusak tertimpa pohon jati yang tumbang. Foto: Suherman/HR

Sementara itu, hujan dan angin kencang yang menerjang wilayah Ciamis juga menumbangkan sebuah pohon jati di Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari. Akibatnya satu rumah warga rusak tertimpa pohon jati yang tumbang.

Baca Juga: Akibat Hujan Deras, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Landa Cigugur Pangandaran

Pohon jati yang tumbang itu menimpa rumah milik Marweni, warga Dusun Tuban, RT. 05, RW. 06, Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari. Atap bangunan rumahnya mengalami kerusakan cukup parah.

Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis Ahman Riana mengatakan, kejadian pohon jati yang tumbang menimpa rumah milik Marweni itu terjadi pada, Sabtu (6/1/2024), pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Akibat dari kejadian ini, Marweni alami kerugian sekitar 10 juta rupiah, yang mana atap bangunan rumahnya ini mengalami kerusakan yang lumayan berat,” terang Ahman.

Dengan adanya kejadian tersebut, petugas Tagana Ciamis bersama Babinsa, Babinmas dan para relawan langsung melakukan evakuasi pemotongan pohon jati tumbang. Serta membersihkan puing-puing rumah yang berserakan.

Pemilik rumah, Marweni mengucapkan terima kasihnya kepada semua jajaran petugas Tagana dan relawan, serta Babinsa dan Babinmas yang telah membantunya dalam evakuasi pohon tumbang.

“Atas nama keluarga kami ucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah membantu saya untuk mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah saya ini,” ucap Maweni. (Suherman/R3/HR-Online/Editor: Eva)