Beranda Berita Nasional Tebing di Tasikmalaya Longsor Timbun Aliran Sungai hingga Kolam Ikan

Tebing di Tasikmalaya Longsor Timbun Aliran Sungai hingga Kolam Ikan

Tebing-longsor-timbun-sungai.jpeg

harapanrakyat.com,- Tebing setinggi 30 meter di Kampung Cicarulung, Desa Cikunten, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, longsor. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (5/1/2024) saat hujan mengguyur wilayah tersebut. Tebing longsor tersebut menimbun aliran Sungai Cilutung sepanjang 50 meter.

Material tanah longsor juga menutup sejumlah kolam ikan. Satu rumah pun terancam terkena bencana. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua Forum Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya mengatakan curah hujan yang cukup tinggi menimbulkan bencana. Tebing dengan tinggi 30 meter longsor menimbun kolam dan aliran sungai.

“Dampak longsor ini, tertutupnya aliran Sungai Cilutung sepanjang 50 meter serta satu petak kolam tertimbun. Tiga kolam terkena luapan air sungai dan satu rumah terancam terdiri dari 1 Kartu Keluarga 2 jiwa,” ujar Jembar.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Akibat Angin Kencang, Sebuah Rumah di Tasikmalaya Tertimpa Pohon

Tagana Kabupaten Tasikmalaya pun melakukan upaya penanganan, berkoordinasi dengan aparat setempat dan BPBD Kabupaten Tasikmalaya. Upaya yang dilakukan dengan membuka aliran baru Sungai Cilutung.

“Kami tadi bersama BPBD, Polisi, TNI dibantu warga membersihkan material tanah longsor. Kami memangkas pohon yang roboh karena melintang di tengah sungai,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online/Editor-Dadang)