Beranda Berita Nasional Distribusikan Traktor dan Handsprayer kepada Kelompok Tani, Ini Harapan Bupati Ciamis

Distribusikan Traktor dan Handsprayer kepada Kelompok Tani, Ini Harapan Bupati Ciamis

Distribusikan-Traktor-dan-Handsprayer-kepada-Kelompok-Tani-Ini-Harapan-Bupati-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendistribusikan alat mesin pertanian berupa traktor dan handsprayer kepada kelompok tani. Alat pertanian tersebut dalam rangka meningkatkan lagi hasil pertanian di Ciamis.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, di Aula DPKP Ciamis, Rabu (3/1/2024).

Kepala DPKP Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengatakan, dalam pendistribusian alat mesin pertanian ini, ada sebanyak 10 unit traktor roda dua dan 30 unit handsprayer. Alat mesin pertanian ini bersumber dari APBN Direktorat Jenderal PSP.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Para penerima bantuan ini tentunya adalah kelompok tani yang sudah terdaftar di simluhtan dan teregistrasi,” katanya.

Menurutnya, yang paling pokok saat ini adalah sudah memasuki musim tanam. Sehingga tepat sekali untuk pembagian mesin traktor dan handsprayer kepada kelompok tani sekarang ini, karena sesuai target pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, olah tanamnya bisa semakin cepat. Dan tanamnya bisa serempak dan harapannya panennya juga bisa mengikuti,” harapnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengucapkan terima kasih kepada para petani yang berada di Tatar Galuh Ciamis ini.

Karena, saat pandemi lalu para petani terus berjuang untuk menstabilkan laju pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan, setelah sektor lain terdampak.

“Kalau tidak ada petani, Ciamis itu tidak ada apa-apanya. Apalagi pasca pandemi Covid-19. Itu yang menstabilkan laju pertumbuhan ekonomi. Jadi yang paling dominan itu adalah petani, karena petani secara umum tidak terdampak pandemi,” ucapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lanjut Herdiat berharap, dengan adanya bantuan mesin traktor dan handsprayer kepada kelompok tani ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan lagi hasil pertanian. Kemudian, bantuan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Paling tidak bisa mampu mengajak petani muda, petani milenial. Dengan dibarengi sarana dan prasarana serta teknologi yang memadai, mudah-mudahan meningkatkan hasil pertanian di Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)