Beranda Berita Nasional Jelang Pemilu, 649 Pemilih Pemula di Banjar Belum Rekam KTP Elektronik

Jelang Pemilu, 649 Pemilih Pemula di Banjar Belum Rekam KTP Elektronik

Rekam-pemilih-pemula.jpeg

harapanrakyat.com,- Perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP untuk pemilih pemula di Kota Banjar, Jawa Barat, baru tercapai sekitar 90,33 persen.

Diketahui, menjelang pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024, masih terdapat ratusan pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar Heri Sapari mengatakan, wajib KTP pemula (DP4 pemula) atau warga yang berusia 17 tahun pada saat Pemilu tanggal 14 Februari 2024 di Banjar berjumlah 6710 orang.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Dari jumlah tersebut, berdasarkan data rekaman WKTP, sampai awal Januari 2024 yang melakukan proses perekaman e-KTP sebanyak 6061 orang atau 90,33 persen.

Sisanya sebanyak 649 WKTP pemula untuk pemilu 2024 belum melakukan proses perekaman e-KTP.

“Agregat perekaman WKTP pemula sudah 90,33 persen. Tinggal 649 WKTP yang masih belum melakukan perekaman dan sekarang masih proses berjalan,” kata Heri Sapari, Selasa (3/1/2024).

Sebanyak 600 lebih WKTP pemula yang belum melakukan perekaman tersebut karena mereka berada di luar Banjar. Ada yang sedang menempuh pendidikan di luar daerah ada juga yang bekerja.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski begitu, untuk penduduk potensial pemilih pemula pemilu 2024 yang berstatus anak sekolah dan menempuh pendidikan di Banjar sudah melakukan perekaman.

Baca Juga: Perumda Tirta Anom Kota Banjar Dapat Guyuran Modal Rp 150 Miliar

“Untuk yang 600 itu posisinya di luar Banjar ada yang bekerja ada juga yang sekolah. Kalau anak sekolah yang di Banjar kita sudah selesai semua kita jemput bola. Tadi kita juga perekaman di Batulawang dan Karyamukti,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Saat ini pihaknya terus gencar melakukan perekaman KTP elektronik dengan sasaran WKTP pemula dengan cara jemput bola ke lapangan.

“Tentu ini harus selesai sebelum tanggal 14 Februari. Makannya sekarang juga kami terus mensosialisasikan ke desa/kelurahan untuk menggiring perekaman. Kita masih ada satu bulan lebih untuk perekaman,” katanya. (Muhlisin/R9/HR-Online/Editor-Dadang)