Beranda Berita Nasional Masih Ada PKL Tolak Relokasi, Pemkot Bandung Bakal Gelar Audiensi

Masih Ada PKL Tolak Relokasi, Pemkot Bandung Bakal Gelar Audiensi

PKL-Bandung.jpg

harapanrakyat.com – Masih adanya penolakan relokasi PKL Kawasan Dalem Kaum Bandung, Jawa Barat, Pemkot Bandung akan membuka audiensi bersama.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, ia membuka kesempatan audiensi bagi para PKL Dalem Kaum yang menolak relokasi.

Baca Juga : DPRD Anggap Relokasi PKL Dalem Kaum Bandung Hal Keliru, Kenapa?

“Kita siap untuk beraudiensi, karena pemkot adalah pelayanan masyarakat. Jadi ada feedback bagi kita,” ungkapnya di Kota Bandung, Selasa (2/1/2024).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurutnya, sempat ada rencana pembicaraan dengan perwakilan pedagang atau PKL pada pekan lalu. Namun, agenda tersebut urung terjadi karena wakil dari PKL Dalem Kaum yang menolak relokasi tidak hadir.

“Kami tergantung apa yang mereka bicarakan. Tapi tetap harus sesuai ketentuan bahwa tidak boleh ada aktivitas berjualan (PKL) di zona merah,” ujarnya.

Alasan PKL Dalem Kaum Tolak Relokasi

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu sempat terjadi kericuhan yang melibatkan pedagang kaki lima di Kawasan Dalem Kaum yang menolak relokasi dan Satpol PP Kota Bandung. Akibatnya, beberapa petugas Satpol PP mengalami luka-luka.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Perwakilan PKL Dalem Kaum, Beri Sobar menerangkan hal tersebut lantaran adanya penolakan dari aksi penertiban oleh Satpol PP. 

“Karena kami direlokasi ke tempat yang tidak layak, seperti basement, itu kan tempat parkir. Ini di luar kemauan PKL. Jadi kita (PKL) menolak relokasi karena di sini (kawasan Dalem Kaum) sudah nyaman. Sudah puluhan tahun bahkan menjadi sejarah juga buat PKL Dalem Kaum,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Tersisa 32 PKL Kawasan Dalem Kaum Bandung Masih Berproses Relokasi

Ia menambahkan selain enggan relokasi ke Basement Alun-alun Bandung, Beri menilai, Satpol PP melakukan penertiban secara sepihak, tanpa ada pemberitahuan ke PKL.

Akibatnya, kata Beri, bentrokan pun tidak bisa terhindarkan. Sebab hal tersebut membuat marah PKL yang tengah berjualan.

“Bahkan ada tujuh orang korban (PKL Dalem Kaum) di sini. Intinya kami (PKL Dalem Kaum) yang masih ada di sini, menolak relokasi,” ucapnya. (Rio/13/HR Online/Editor-Ecep)