Beranda Berita Nasional Selama Libur Panjang, Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Bandung Barat

Selama Libur Panjang, Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Bandung Barat

Grafika-Bird-Park-Destinasi-Wisata-Menarik-di-Cikole-Lembang.jpg

harapanrakyat.com – Selama libur Natal dan tahun baru, ratusan ribu pelancong mengunjungi objek wisata di Bandung Barat, Jawa Barat. Salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah kawasan Lembang.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bandung Barat, sejak 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, jumlah wisatawan ke Bandung Barat mencapai 621.302 orang. Jumlah kunjungan wisatawan tertinggi ada pada momen pergantian tahun mencapai 95.145 wisatawan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Bandung Barat, David Oot menjelaskan, jika data jumlah wisatawan tersebut berdasarkan kalkulasi dari setiap pengelola tempat wisata di Bandung Barat.

Baca Juga : Libur Nataru 2024, Wisatawan Mulai Penuhi Kawasan Lembang Bandung Barat

“Setiap harinya kita terima laporan dari masing-masing objek wisata di kawasan Bandung Barat. Kemudian kami rekapitulasi hingga terdata 621.302 wisatawan,” kata David, Selasa (2/1/2023).

David menjelaskan, dari semua objek wisata di Bandung Barat, tetap menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.  Ia menambahkan, kawasan Lembang tetap menjadi primadona dan menjadi magnet para wisatawan untuk datang ke Bandung Barat.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Namun jika melihat berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan wisatawan ke Bandung Barat ketika Tahun Baru 2024, menurun jika daripada saat liburan Natal. Pada saat Natal itu sangat tinggi lantaran bertepatan dengan libur panjang,” tuturnya.

David melanjutkan, tingginya kunjungan wisatawan ke objek wisata di Bandung Barat berdampak terhadap tingginya okupansi hotel. Hal itu karena banyak wisatawan berasal dari luar daerah yang tentunya menginap di beberapa hotel, terutama di kawasan Lembang.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Pada Desember 2023 jumlah tamu hotel mencapai 48.695 orang dengan nilai okupansi 63 persen. Itu merupakan kenaikan dari bulan-bulan sebelumnya yang hanya mencapai 43 hingga 55 persen,” katanya. (Juhaeri/R13/HR Online/Editor-Ecep)