Beranda Berita Nasional Reses di Bandung Barat, Ace Hasan Soroti Soal Pemanfaatan Bantuan PKH

Reses di Bandung Barat, Ace Hasan Soroti Soal Pemanfaatan Bantuan PKH

Wakil-Ketua-Komisi-VIII-DPR-RI-Ace-Hasan-Syadzily.jpg

harapanrakyat.com – Stunting, pendidikan, dan pemanfaatan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi topik utama saat reses Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily di Sindangkerta, Bandung Barat, Jawa Barat. Saat ini, pemerintah pusat telah menggelontorkan dana PKH se Indonesia senilai Rp 29 triliun.

Ace menegaskan, para penerima bantuan PKH agar bisa menggunakannya sebijak mungkin, baik untuk kesehatan maupun pendidikan. Dengan demikian, kata Ace, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Tujuan pemerintah memberikan bantuan PKH ini agar masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa memenuhi hak mendasarnya,” ungkap Ace, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga : Puluhan KPM PKH di Desa Margajaya Ciamis Dilatih Membuat Kerajinan Bambu

Ace mencontohkan bantuan PKH untuk ibu hamil. Maka, lanjut ia, seyogianya penerima manfaat PKH ibu hamil ini dapat menggunakannya untuk membeli pemenuhan nutrisi ibu hamil. Dengan demikian, kata ia, bayi yang masih dalam kandungan itu memperoleh makanan bergizi.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Dengan demikian, bayi yang nantinya lahir akan terhindar dari stunting dan terjamin kesehatannya,” ucap Ace.

Demikian halnya juga dengan bantuan PKH pendidikan. Ia mengharapkan masyarakat dapat menggunakan dana PKH itu untuk membeli kebutuhan pendidikan untuk anaknya. Ia tidak mengharapkan jika dana PKH pendidikan itu digunakan untuk membeli kebutuhan lain selain pendidikan.

“Sehingga dengan bantuan PKH pendidikan ini tidak ada lagi anak putus sekolah. Saya tidak ingin di Indonesia ini buta huruf karena tidak sekolah,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Usahanya Cimpringnya Maju, KPM PKH di Pangandaran Graduasi Mandiri

“Ibu-ibu disini harus bersyukur sudah menerima bantuan PKH. Karena PKH hanya untuk 10 juta keluarga dari total 270 juta jiwa masyarakat Indonesia,” ucap Ace menambahkan.

Ace pun mengharapkan agar penerima manfaat PKH ini bisa mencairkan dana melalui orang lain melainkan harus oleh penerima langsung. Karena penyaluran dana PKH ini langsung ke rekening penerima. (Juhaeri/R13/HR Online/Editor-Ecep)