Beranda Berita Nasional Jalan Desa di Karyamukti Ciamis yang Rusak Parah Kini Sudah Mulus

Jalan Desa di Karyamukti Ciamis yang Rusak Parah Kini Sudah Mulus

Jalan-Desa-di-Karyamukti-Ciamis-yang-Rusak-Parah-Kini-Sudah-Mulus.jpg

harapanrakyat.com,- Warga Dusun Karanganyar, Desa Karyamukti, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis, Jawa Barat, sumringah. Pasalnya, jalan desa tersebut yang sebelumnya rusak parah kini sudah mulus.

Jalan yang rusak berat beberapa tahun tersebut, berada di lingkungan RW 04 menuju ke kantor desa. Sehingga dengan kerusakan tersebut mengganggu aktivitas ekonomi warga.

Ketua RT 13/04, Tatang mengatakan, jalan di kampungnya yang rusak sejak 2020 itu sangat dirasakan dampaknya terhadap kelangsungan ekonomi masyarakat. Sehingga, saat jalan menuju kantor desa ini diperbaiki, warga sangat gembira.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Selain bisa meningkatkan perekonomian, akses warga menuju kantor desa pun jadi lebih mudah,” katanya kepada harapanrakyat.com, Rabu (27/12/2023).

Jalan Desa yang Rusak Parah Tinggal 1.150 meter Lagi, Ini Harapan Kades Karyamukti

Sementara itu, Kepala Desa Karyamukti Andri Suwandi mengatakan, sejak rusak tahun 2020, pihaknya baru bisa membangun jalan tersebut di tahun 2022.

“Kemudian berlanjut di tahun 2023 ini,” katanya Rabu (27/12/2023).

Andri mengungkapkan, bahwa akses jalan menuju kantor desa yang rusak parah sebenarnya sepanjang 2600 meter.

Namun di tahun 2020, pihaknya baru memperbaiki sepanjang 830 meter. Kemudian berlanjut di tahun 2023 ini dengan membangun sepanjang 620 meter, dan lebar 3 meter.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Jadi masih ada pekerjaan rumah sekitar 1.150 meter lagi. Mudah-mudahan di tahun 2024, Pemkab Ciamis bisa kembali menggelontorkan anggaran, untuk perbaikan lanjutan jalan di Desa Karyamukti,” kata Andri.

Kepala Desa Karyamukti menjelaskan, bahwa perbaikan jalan yang sebelumnya rusak parah tersebut menggunakan aspal semi hotmix (sand sheet).

Adapun untuk sumber anggaran, pihaknya mengalokasikan dari sebagian dari dana desa tahun 2022 dan 2023.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sedangkan sebagian lagi adalah dari anggaran bantuan keuangan kabupaten, yang difasilitasi oleh Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua DPRD Ciamis, yang telah memperjuangkan dan memfasilitasi hingga terlaksananya pembangunan jalan di RW 04 ini,” ucapnya.

“Mudah-mudahan di tahun 2024, Pak Nanang bisa kembali memfasilitasi, agar pembangunan jalan di desa kami ini bisa berlanjut. Sehingga nantinya akses masyarakat di RW 04 bisa lebih lancar,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)