Beranda Berita Nasional Rina Saadah: KUBE Permudah Pelaku UMKM Dapatkan Pendampingan

Rina Saadah: KUBE Permudah Pelaku UMKM Dapatkan Pendampingan

Pendampingan-pelaku-UMKM.jpeg

harapanrakyat.com,- Mempunyai fokus terhadap pemberdayaan UMKM, Rina Saadah menyarankan masyarakat di Kabupaten Ciamis terutama pelaku usaha UMKM untuk membuat kelompok usaha bersama (KUBE) supaya mudah mendapat pendampingan.

Hal tersebut disampaikan saat Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari PKB Dapil Jawa Barat X itu menemui warga di Dusun Desa, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, belum lama ini.

Kedatangan Rina Saadah tersebut dalam rangka bersilaturahmi dan menyapa serta menyerap aspirasi dari masyarakat di Kabupaten Ciamis, khususnya di Kecamatan Baregbeg.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kehadiran Caleg DPR RI dari PKB nomor urut 3 itu sangat disambut antusias masyarakat baik dari kalangan ibu-ibu maupun bapak-bapak.

Rina mengatakan, bahwa dirinya banyak keliling di sejumlah daerah Kabupaten Ciamis. Ternyata selain pertanian di Tatar Galuh ini juga banyak pelaku usaha UMKM.

“Saya selalu menyarankan agar UMKM nya itu dibuat yang namanya kelompok yaitu kelompok usaha bersama (KUBE),” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Menurutnya, jika adanya kelompok usaha bersama. Pelaku usaha UMKM ini nantinya bisa ada pendampingan dari sisi produknya, dan juga nantinya dapat memudahkan dalam akses permodalan.

Baca Juga: Keluarga Besar Pondok Pesantren Ar-Risalah Ciamis Dukung Rina Saadah Lolos ke Senayan

“Supaya nantinya bisa ada pendampingan dari sisi produknya, kemudian nantinya bisa dimudahkan dalam akses untuk permodalan,” tuturnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Caleg DPR RI dari PKB nomor urut 3 itu juga menjelaskan bahwa tim dari Rina Saadah nantinya juga yang akan datang ke setiap rumah-rumah. Tujuannya untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

“Sehingga nantinya ketika ada program akan langsung di salurkan kepada bapak dan ibu sekalian. Jadi, pertemuan ini bukan kali pertama, akan tetapi nanti juga kita akan kembali bertemu kedepannya,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)