Beranda Berita Nasional Pemkot Cimahi Luncurkan Aplikasi Layanan Kesejahteraan Sosial, Ini Fungsinya!

Pemkot Cimahi Luncurkan Aplikasi Layanan Kesejahteraan Sosial, Ini Fungsinya!

Penderita-Lumpuh-Otak.jpg

harapanrakyat.comPemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi Digitalisasi Pelayanan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial atau DilanPPKS. Aplikasi tersebut bertujuan meningkatkan efisiensi dan juga responsibilitas PPKS di lapangan.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemkot Cimahi, Agus Fajar mengatakan, nantinya dengan aplikasi digitalisasi ini lebih mudah merespon setiap data yang terkumpul.

“Dengan aplikasi layanan kesejahteraan sosial ini, dapat memungkinkan untuk siapa pun memberi berkontribusi dalam hal penyampaian data PPKS di lapangan. Agar data yang terkumpul mudah kita respon dengan cepat dan optimal sesuai dengan skala prioritas kebutuhan PPKS,” katanya, Senin, (18/12/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Hati-hati! Kasus Covid-19 di Kota Bandung Kembali Naik

Menurut Fajar, pihaknya mengharapkan semua elemen dapat bersinergi agar dapat meningkatkan tingkat kualitas hidup anak-anak terlantar di Kota Cimahi. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi layanan kesejahteraan sosial ini.

“Dinas Sosial Kota Cimahi mengajak semua pihak yang peduli agar berpartisipasi aktif mendukung pemerintah dalam program perlindungan jaminan sosial. Kemudian memberikan kontribusinya melaporkan melalui aplikasi ini. Hal itu supaya dapat memastikan jika bantuan itu terserap dan tepat sasaran. Sehingga dampak positifnya dapat terasa bagi masyarakat,” ucap Fajar.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Fajar menjelaskan, sebagai contoh efisiensi penggunaan aplikasi ini saat ada laporan dari pekerja sosial di Kelurahan Melong terkait adanya anak yang menderita lumpuh otak. Laporan tersebut tersampaikan melalui aplikasi layanan kesejahteraan sosial ini. Mendapat informasi itu, Pemkot Cimahi pun langsung memberikan bantuan.

“Kondisi yang sangat sulit bagi penderita lumpuh otak ini selama bertahun-tahun, tanpa pendampingan. Alhamdulillah dengan aplikasi ini, akhirnya dapat terhubung dengan dinas sosial dan dapat segera tertangani dan pemberian bantuan” ujar Fajar.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Bahkan, Ketua RT setempat saat ini menyampaikan rasa syukurnya karena, dengan aplikasi layanan kesejahteraan sosial ini, Dinas Sosial Kota Cimahi dapat responsif dan efisien ketika menanggapi situasi yang memerlukan perhatian khusus,” ungkapnya. (Eri/R13/HR Online/Editor-Ecep)