Beranda Berita Nasional Bakakak Ayam Khas Sunda, Kuliner Tradisional Super Nikmat

Bakakak Ayam Khas Sunda, Kuliner Tradisional Super Nikmat

Bakakak-Ayam-Khas-Sunda-Kuliner-Tradisional-Super-Nikmat.jpg

Bakakak ayam khas Sunda termasuk salah satu kuliner tradisional. Makanan khas Sunda dengan nama bakakak ayam ini memiliki cita rasa lezat. Siapa saja pasti tergiur untuk mencicipi kuliner Jawa Barat ini.

Bakakak Ayam Khas Sunda Jawa Barat

Jawa Barat termasuk salah satu wilayah yang memiliki banyak makanan khas. Salah satunya yaitu bakakak ayam atau yang juga terkenal dengan sebutan ayam bekakak.

Hidangan ini berupa olahan ayam utuh. Kemudian kuliner ini melewati proses pembakaran. Baru setelah itu, ungkep dalam racikan bumbu manis.

Baca Juga: Makanan Khas Sumedang, Emplod hingga Asinan Sukasari

Dengan cita rasa nikmat, hidangan ini sering terlihat dalam acara sunatan, pernikahan, maupun hajatan lainnya. Tak mengherankan karena kuliner ini memiliki simbol sedekah.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Dengan menghadirkan bakakak ayam khas Sunda tersebut di acaranya, menandakan bahwa pemilik hajatan bersedekah kepada masyarakat yang menerimanya. Hal inilah yang membuat kuliner tersebut selalu banjir penggemar dan masih favorit hingga sekarang.

Dalam mengonsumsinya pun, kuliner ini bisa jadi pendamping nasi. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lauk pauk. Karena rasanya menggiurkan, Anda pasti ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

Cara Membuat Bakakak Ayam

Ketika membahas kuliner ini, Anda pasti penasaran tentang resep pembuatannya bukan? Untuk membuatnya pun, Anda hanya perlu menyiapkan seekor ayam kampung.

Ayam kampung tersebut bisa Anda belah jadi 2, namun jangan sampai terputus. Lanjutkan dengan menumis bumbu halus berupa cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, garam, kecap manis, gula merah, air kelapa, ketumbar, dan kemiri dalam porsi sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Tumis bumbu bakakak ayam khas Sunda ini sampai harum dan lanjutkan dengan menuangkan air hingga mendidih. Lalu masukkan ayam ke dalamnya.

Saat ayamnya sudah empuk, Anda bisa membakarnya. Jangan lupa untuk mengolesinya dengan sisa bumbu rebusannya tadi hingga warnanya jadi kecoklatan.

Baca Juga: Kuliner Nasi Liwet, Asal Usul dan Cara Membuatnya yang Enak

Anda bisa menikmati selagi hidangan ini masih hangat. Akan terasa nikmat apabila mengonsumsinya dengan nasi putih yang juga masih hangat.

Tips Membuat Bakakak Ayam

Supaya Anda berhasil dalam membuat kulinernya, pastikan memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Dengan demikian, waktu maupun tenaga Anda tak terbuang sia-sia karena hasilnya pasti memuaskan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemilihan Ayam

Dalam membuat kuliner ini, Anda bisa pilih ayam kampung jantan. Pasalnya, ayam negeri memiliki daging yang terlalu empuk sehingga akan mudah berantakan.

Proses Pembakaran

Anda juga jangan sampai lewatkan proses pembakaran ketika membuat kuliner ini. Alangkah baiknya jika Anda memanggangnya dengan oven terlebih dahulu.

Saat teksturnya sudah agak kering, Anda baru bisa membakarnya di atas arang. Jangan lupa untuk bolak-balik ayamnya agar tidak gosong.

Baca Juga: Nasi Timbel Komplit Khas Sunda dengan Citarasa yang Menggoda

Kini Anda sudah tahu apa itu bakakak ayam khas Sunda. Tak bisa kita pungkiri bahwa kuliner ini memang menggiurkan. Selain membeli, Anda juga bisa coba buat sendiri. (R10/HR-Online)