Beranda Berita Nasional Kerap Banjir, Pj Wali Kota Bandung Evaluasi Infrastruktur Pasar Gedebage

Kerap Banjir, Pj Wali Kota Bandung Evaluasi Infrastruktur Pasar Gedebage

Penjabat-Wali-Kota-Bandung-Bambang-Tirtoyuliono.jpg

harapanrakyat.com – Kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas akibat genangan banjir, Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono evaluasi infrastruktur Pasar Gedebage Bandung, Jawa Barat.

Bambang mengklaim, pihaknya sudah menemukan solusi inti permasalahan infrastruktur di sekitar pasar yang kerap menimbulkan genangan banjir. Salah satunya memperbaiki gorong-gorong di Jalan Soekarno Hatta, Bandung.

Sebagai informasi, belakangan ini kerap terjadi genangan banjir di kawasan Gedebage. Ketinggian genangan banjir bahkan mencapai 50 sentimeter lebih. Hal itu pun menjadi permasalahan klasik yang kerap terjadi saat musim hujan tiba.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Meski Ada Kolam Retensi, Kawasan Gedebage Tetap jadi Langganan Banjir

“Pemkot telah menemukan inti masalah kenapa banjir kerap terjadi di kawasan Gedebage Bandung itu. Salah satunya bagaimana kami memastikan kalau gorong-gorong yang ada di Jalan Soekarno-Hatta itu diperbaiki,” ungkapnya di Kota Bandung, Kamis (14/12/2023).

Ia mengaku ada sejumlah gorong-gorong dan drainase yang akan diperbesar. Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, termasuk Direktorat Jenderal Bina Marga di Kementerian PUPR.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Kita mulai Jalan Soekarno-Hatta dulu, seperti terkait sedimentasi yang ada antara Gedebage ke arah Jalan Rumah Sakit (Ujungberung),” ujarnya.

Terkait penambahan kolam retensi, Bambang menambahkan, pihaknya masih mencari lahan yang potensial. Sehingga dapat membantu mengurangi dan meminimalisir banjir di kawasan Gedebage Bandung tersebut.

“Dalam hal ini, kita memiliki kewajiban untuk membangun kolam retensi,” katanya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Atasi Banjir di Gedebage Kota Bandung, Sekda Perintahkan Ini

Bambang menambahkan, keberadaan kolam retensi di sekitar kawasan itu masih optimal mengurangi intensitas banjir yang terjadi. Hal tersebut, bisa terlihat dari durasi genangan banjir yang cepat surut.

“Kolam retensi yang sudah ada, bisa menurunkan debit air. Kami berharap dengan upaya ini bisa segera terselesaikan (banjir Gedebage),” ucapnya di Kota Bandung. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)