Beranda Berita Nasional Peringatan Hari HAM ke-75, Menteri Yasonna: Harmoni dalam Keberagaman

Peringatan Hari HAM ke-75, Menteri Yasonna: Harmoni dalam Keberagaman

Yasonna.jpeg

harapanrakyat.com,- Peringatan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) menjadi momentum untuk merefleksikan prinsip-prinsip HAM, serta merenungkan kembali perjalanan dari Universal Declaration og Human Right.

Hal itu dikatakan MenkumHAM RI Yasonna H Laoly saat memperingati Hari HAM Sedunia ke-75 yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (10/12/2023).

Menurut Yasonna, peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang bertema “Harmoni dalam Keberagaman” ini relevan dan penting.

Harmoni dalam keberagaman jadi pengingat akan pentingnya menghormati, mengakui, dan merayakan keberagaman Indonesia yang berlimpah.

“Mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman itu berarti memerangi diskriminasi, intoleransi, prasangka, dan ketidaksetaraan,” terangnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Yasonna, KemenkumHAM sudah melaksanakan sejumlah program dalam bidang HAM.

Baca Juga: Jokowi Kembali Tegaskan ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Program ini menyasar instansi pemerintah dan pelaku bisnis, seperti RANHAM (Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia). Serta Stranas BHAM (Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia).

Terbaru, kata Yasonna, KemenkumHAM sudah menyusun IHAMI (Indeks HAM Indonesia) yang nantinya akan menjadi alat ukur implementasi HAM di Indonesia.

Dalam momen peringatan Hari HAM Sedunia kali ini, Yasonna pun mengimbau kepada semua pihak agar bisa menjaga keharmonisan. Khususnya keberagaman dalam pandangan politik menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Menyukseskan Pemilu serentak yang damai dan selalu mengedepankan nilai-nilai HAM adalah komitmen pemerintah,” tandas Yasonna.

Peringatan Hari HAM Sedunia Berlangsung Spesial

Baca Juga: Polri Harus Netral di Pemilu 2024, Ini Alasannya

Sementara itu, Dirjen HAM Dhahana Putra menambahkan, pelaksanaan puncak peringatan Hari HAM Sedunia tahun ini berlangsung spesial. Karena untuk pertama kalinya KemenkumHAM berkolaborasi dengan Komnas HAM menggelar puncak acara Hari HAM.

Sebelumnya, panitia gabungan dan Kemenkum HAM beserta Komnas HAM sudah menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat umum.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kami harapkan dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat mendekatkan nilai-nilai hak asasi manusia kepada masyarakat. Gaungkan pesan-pesan sebagaimana tema peringatan Hari HAM kali ini mampu dicerna oleh public dengan baik,” ujarnya.

Dalam momen peringatan hari HAM ke-75 ini, lima kabupaten/kota menerima penghargaan dari MenkumHAM RI atas capaian terbaiknya pada program KKPHAM (Kabupaten/Kota Peduli HAM).

Kelima kabupaten/kota yang mendapat perhargaan yaitu Kabupaten Tapin, Kabupaten Purworejo, Kota Mojokerto, Kota Tasikmalaya, serta Kota Jakarta Timur. (Eva/R3/HR-Online)