Beranda Berita Nasional Jaga Finansial, Menabung di Bank Masih Jadi Pilihan Utama Generasi X hingga...

Jaga Finansial, Menabung di Bank Masih Jadi Pilihan Utama Generasi X hingga Z

Ilustrasi-Perencanaan-Finansial.jpg

harapanrakyat.com – Generasi Z menganggap menabung di bank merupakan terbaik untuk menjaga stabilitas finansial. Hal serupa pun tercermin dari perilaku Generasi X dan Generasi Y atau millenial.

Meski di tengah era digitalisasi saat ini, gen termuda tersebut menilai menabung di bank menjadi pilihan terbaik.

Berdasarkan riset Bank Danamon dan Jakpat pada 3 generasi tersebut, menemukan fakta menarik. Menabung di bank, masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial.

Baca Juga : Masyarakat Cenderung Tertarik Ikuti Program Undian Perbankan

Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia, Ivan Jaya mengatakan hasil riset tersebut menemukan kepercayaan menabung di bank untuk 3 generasi itu di atas 60 persen. Karena dapat membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kemudian 74 persen responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak,” ungkapnya, Minggu (10/12/2023).

Selain itu, kata Ivan, 71 persen responden membuka tabungan simpanan masa depan sebagai perencanaan finansial jangka panjang kebutuhan. Serta 84 persen responden memilih bank sebagai tempat menabung.

“Fakta menarik lainnya, yaitu 85 persen responden tertarik dengan program undian berhadiah melalui tabungan. Lalu 76 persen responden termotivasi menabung karena program undian berhadiah,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ivan menerangkan, temuan riset tersebut sejalan dengan upaya pihaknya untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun. Hal itu sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru untuk meningkatkan kedisiplinan mereka untuk menabung.

Sementara itu, riset ini juga menunjukkan  bahwa 43 persen responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan.

Menabung di Bank, Fitur Ini Paling Diminati

Kemudian, kata Ivan, apabila berbicara mengenai fitur produk tabungan, hampir 50 persen dari masing-masing fitur yang paling diminati adalah bebas biaya transfer. Kemudian bebas biaya top up e-wallet, tarik tunai di ATM lain tidak ada pungutan biaya, dan bebas biaya admin.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Bank Danamon Luncurkan Program Tabungan Baru

“Riset kami bersama Jakpat menunjukkan menabung di bank masih menjadi pilihan relevan bagi masyarakat Indonesia. Dana yang tersimpan cenderung lebih aman. Terlebih, setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda atas produk tabungan,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)