Beranda Berita Nasional Presiden Jokowi Ungkap Pentingnya Pembangunan Infrastruktur

Presiden Jokowi Ungkap Pentingnya Pembangunan Infrastruktur

Presiden-Jokowi-Ungkap-Pentingnya-Pembangunan-Infrastruktur.jpg

harapanrakyat.com,- Perhatian besar terhadap pembangunan infrastruktur telah menjadi fokus utama selama pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sebuah kesempatan di acara Hari Bakti PU Ke-78 di Jakarta, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pembangunan infrastruktur. Termasuk jalan, pelabuhan, dan pelayanan publik, telah menjadi bagian penting dalam transformasi Indonesia.

Menurut Presiden, infrastruktur tidak hanya memperkuat konektivitas fisik tetapi juga memiliki implikasi yang kuat dalam aspek ekonomi dan sosial.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kehadiran infrastruktur yang memadai dapat mengurangi biaya logistik secara signifikan. Kemudian, memperkuat daya saing negara. Serta, menjadikan elemen pemersatu dalam keberagaman budaya dan sosial Indonesia,” ungkap Jokowi, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Jokowi: Indonesia Dukung Peran PBB Atasi Tantangan Global

Lanjut Jokowi, pembangunan infrastruktur yang signifikan selama beberapa tahun terakhir juga telah mencerminkan pertumbuhan Indonesia dalam indeks daya saing global. Meskipun perbaikan masih dibutuhkan, capaian pembangunan infrastruktur seperti pembangunan bendungan, jalan tol, dan perumahan telah meningkatkan peringkat Indonesia dalam IMD Global Competitiveness Index.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Namun, Presiden menggarisbawahi pentingnya upaya berkelanjutan dalam membangun infrastruktur yang komprehensif. Pihaknya mendorong agar pembangunan tidak hanya terfokus pada aspek fisik semata, namun juga mencakup elemen drainase, trotoar, dan lanskap yang memadai.

Apresiasi juga disampaikan terhadap kecepatan dan ketepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam merealisasikan proyek infrastruktur. Presiden Jokowi berharap bahwa langkah PUPR dalam memajukan pembangunan bisa menjadi contoh bagi kementerian lain dalam hal perencanaan, kecepatan, dan implementasi proyek pembangunan infrastruktur. (R8/HR Online/Editor Jujang)