Beranda Berita Nasional Pemprov Jawa Barat Segera Cari Solusi Dampak Longsor di Bandung Barat

Pemprov Jawa Barat Segera Cari Solusi Dampak Longsor di Bandung Barat

Longsor-Tutup-Akses-Jalan-Bandung-Barat.jpg

harapanrakyat.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mencari solusi penanganan bencana longsor di Desa Buninagara, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebagai informasi, tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Bandung Barat, memicu terjadinya bencana alam hidrometeorologi di beberapa lokasi.

BPBD KBB mencatat, beberapa lokasi bencana hidrometeorologi yang terjadi dalam dua hari ini salah satunya tersebarnya titik longsor. Di antaranya di Buninagara dan Sindangkerta.

Baca Juga : Musim Hujan, Longsor Sergap Sejumlah Lokasi di Bandung Barat

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Salah satu titik longsor juga terjadi di KBB itu yakni di Kampung Cibangoak RT 4 RW 4 Desa Buninagara. Di lokasi ini, material longsor menutup akses jalan kabupaten dari Sindangkerta ke arah Ciwidey dengan total panjang sekitar 50 meter.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin meminta semua pihak bergerak cepat menangani bencana longsor di Bandung Barat tersebut. Ia juga meninjau langsung lokasi longsor di Desa Buninagara untuk memastikan penanganan kebencanaan berjalan lancar.

“Saya meminta semua pihak bergerak cepat menangani bencana tersebut. Mulai dari memastikan masyarakat terdampak dalam kondisi aman dan aktivitas ekonomi tetap berjalan,” ucapnya, Sabtu (2/12/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Untuk aktivitas ekonomi masyarakat, bey mengatakan, pihaknya akan memikirkan solusi berupa memberikan transportasi menuju Pasar Ciwidey. “Intinya, kita tidak menginginkan aktivitas ekonomi masyarakat terganggu akibat adanya longsor di Buninagara Bandung Barat ini,” ucap Bey.

Ia juga menyampaikan, BPBD dan aparat gabungan sudah diterjunkan untuk mengevakuasi material longsor menggunakan alat berat. BPBD Jabar, kata Bey, juga sudah mengirim bantuan alat berat dan kebutuhan bahan pokok.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : BPBD Bandung Barat Kekurangan Logistik Kedaruratan Bencana

“Kami sudah respons cepat, langsung kirim bantuan berupa alat berat dan pangan untuk warga terdampak longsor di Bandung Barat ini,” tuturnya.

Memasuki fase musim hujan ini, Bey mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi. Di antaranya angin kencang, longsor, dan banjir. (Ecep/R13/HR Online)