Beranda Berita Nasional Tekan Inflasi, Pemkot Cimahi Teken Kerjasama Antar Daerah

Tekan Inflasi, Pemkot Cimahi Teken Kerjasama Antar Daerah

Kerjasama-Antar-Daerah.jpg

harapanrakyat.com – Menekan inflasi karena menyadari wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, bukan termasuk wilayah pertanian, Pemkot Cimahi melakukan kerjasama antar daerah. Salah satu daerah di Jawa Barat yang diajak kerjasama ini yaitu Pemkab Garut.

Penandatanganan nota kerjasama antara Kota Cimahi dengan Kabupaten Garut ini, sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi di Kota Cimahi.

Pelaksanaan penandatanganan ini terlaksana pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga : Jelang Natal dan Tahun baru 2024, Harga Bahan Pokok di Cimahi Mulai Naik

Kerjasama antar daerah ini merupakan satu dari lima arah kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk turut menjaga stabilitas makro ekonomi. Selain itu kebijakan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kerjasama antar daerah ini sebagai salah satu upaya untuk memastikan kelangsungan ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan pangan. Terutama komoditas pangan pokok seperti cabai dan bawang merah.

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi mengatakan, kerjasama antar daerah ini sangat penting, mengingat Kota Cimahi bukanlah daerah pertanian.

“Sebagai bentuk upaya yang kita lakukan dalam mengendalikan inflasi di Kota Cimahi, salah satunya dengan melakukan kerjasama antar daerah. Mengingat Cimahi bukanlah daerah penghasil komoditas pertanian,” ucap Pj Wali Kota Cimahi itu.

Dengan demikian, ia menegaskan, kerjasama antar daerah khususnya penghasil pertanian dalam hal ini dengan Kabupaten Garut, sangat penting terjalin bagi Cimahi.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Inilah cara-cara struktural yang dapat kami upayakan selain cara seasonal atau situasional,” katanya.

Manfaat Kerjasama Antar Daerah untuk Cimahi

Ia juga menjelaskan, harapan manfaat pengendalian inflasi melalui kerjasama antar daerah ini tidak melulu mengenai hitungan angka-angka. Melainkan lebih pada upaya untuk menjaga pasokan komoditas bahan pokok untuk Kota Cimahi.

Sebab, lanjutnya, dengan supply yang terjaga dan stabil, harga komoditas pangan pokok pun akan terjaga.

Baca Juga : Kendalikan Inflasi, Pemkot Cimahi Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebagai informasi, Kota Cimahi merupakan daerah yang non IHK (Indeks Harga Konsumen). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat inflasi Kota Cimahi masih di bawah rata-rata Jawa Barat dan Nasional yaitu 2,37 persen.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Melalui kerjasama antar daerah ini, kata Pj Wali Kota Cimahi, pihaknya bisa menekan indeks perkembangan harga dan fluktuasi harga komoditas bahan pangan agar tidak terus-menerus naik.

“Ini merupakan kabar yang baik, sekalipun ada komoditas yang fluktuatif naik. Saat ini, Pemkot Cimahi sedang melakukan beberapa upaya, salah satunya kerjasama antar daerah ini. Melalui upaya ini, kita optimistis dapat menekan laju inflasi,” ucapnya. (Eri/R13/HR Online/Editor-Ecep)