Beranda Berita Subang Taman Benteng Pancasila, Wajah Baru Alun-alun Subang

Taman Benteng Pancasila, Wajah Baru Alun-alun Subang

Taman Benteng Pancasila, Wajah Baru Alun-alun Subang

Alun-alun Benteng Pancasila, sebagai bagian dari program revitalisasi Provinsi Jawa Barat telah diresmikan pada Selasa, (28/11).

Menurut Dr. Indra Maha, S.T.,MT selaku Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, alun-alun Subang di Jalan Dewi Sartika Kelurahan Soklat tersebut berasal dari anggaran 2023 dengan luas empat hektar.

Masyarakat pun bisa langsung melihat bahwa di tempat tersebut ada gerbang utama, lintasan lari, taman bermain, area parkir, skatepark dan berbagai jenis tugu yang mencerminkan ciri khas Subang serta Jawa Barat sendiri.

BACA JUGA:  Adhyaksa FC Menang Telak 5-0 atas Persikas Subang di Stadion Sriwedari

Bahkan tata letak Alun-alun yang kini bernama Taman Benteng Pancasila itu juga memiliki gambaran topografi Kabupaten Subang seperti lautan, dataran rendah dan pegunungan. 

Meningkatnya perekonomian masyarakat serta pusat aktivitas menjadi harapan Alun-alun Subang direvitalisasi.

Menanggapinya, terdapat pernyataan Bupati Subang H. Ruhimat yang diwakilkan oleh H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Subang bahwa Pemerintah Daerah termasuk warga bersuka cita atas peresmian tersebut. Harapannya Alun-alun dapat menjadi wahana rekreasi dan tempat ikonik. 

BACA JUGA:  Kemarau Tiba, PT DAHANA Berikan Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 2 Cibogo

Selain itu, pengelolaan Alun-alun selanjutnya diserahkan pada UPTD Sarana dan Prasarana Kawasan Wisata Disparpora Kabupaten Subang. Meski begitu, ditekankan oleh Bupati H. Ruhimat bahwa menjaga fasilitas yang telah disediakan menjadi tanggung jawab bersama.

Sebelum diresmikan, terdapat sambutan dari Dr. Hening Widiatmoko, MH Plh. Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Barat mewakili PJ Gubernur Bey Machmudin. Disampaikan secara ringkas mengenai tujuan awal revitalisasi sebagai komitmen pemerintah provinsi untuk mengembangkan pemerintah daerah sesuai misi keempat Gubernur sebelumnya yaitu meningkatkan produktivitas dan daya saing umat yang sejahtera dan adil. Kemudian difokuskan pada pengembangan masyarakat dan wisata termasuk alun-alun. 

BACA JUGA:  Mengenal Endang Kosasih: Profil Anggota DPRD Subang yang Berangkat Dari Jalanan

Usai itu Alun-alun Benteng Pancasila secara simbolis diresmikan oleh para pejabat yang hadir termasuk para tokoh Kabupaten Subang.

Unsur Forkopimda Kabupaten Subang, para Asisten Daerah dan Staf Ahli, Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Subang, Agus Masykur Rosyadi dan mayoritas masyarakat pun turut menyaksikan Alun-alun kebanggaan diresmikan dengan suka cita meski diguyur hujan.***(FA/Radio Benpas Subang)