Beranda Berita Nasional Kentang Varietas Bliss dari Australia Dikembangkan di Lahan Percontohan HKTI Kuningan

Kentang Varietas Bliss dari Australia Dikembangkan di Lahan Percontohan HKTI Kuningan

HKTI.jpg

harapanrakyat.com,- Bibit kentang varietas bliss yang diimpor dari Australia dikembangkan di lahan percontohan HKTI Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, seluas 1,5 hektar. Lahan tersebut tepatnya berada di kaki Gunung Ciremai, Babakanmulya, Kecamatan Cigugur.

Budidaya tanaman kentang bliss itu dikembangkan oleh petani binaan HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Kuningan. Serta petani binaan TNI Kodim 0615 Kuningan.

Penanaman bibit kentang bliss secara simbolis oleh Ketua HKTI Kabupaten Kuningan Hanyen Tenggono, bersama Dandim 0615 Letkol Inf. Bambang Kurniawan, pada Kamis (19/10/2023) lalu.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Hanyen Tenggono mengatakan, para petani binaan itu menjadikan lahan percontohan HKTI Kabupaten Kuningan sebagai pusat penelitian sekaligus pengembangan.

Baca Juga: Budidaya Kacang Panjang dengan Tahapan yang Benar

Untuk saat ini para petani tersebut mengembangkan kentang varietas bliss yang merupakan kentang impor dari Australia.

Alasan memilih kentang impor lantaran pihaknya ingin mengembangkan bibit baru. Karena kentang jenis bliss ini sudah sulit didapatkan di Kuningan. Selain itu, pemasarannya pun lebih mudah lantaran restoran lebih sering menggunakan kentang bliss.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Untuk mendapatkan bibit-bibit berkualitas tinggi, kita memang mengalami kesulitan. Oleh sebab itulah kita ingin membudidayakan bibit impor yang bisa kita produksi sendiri. Maka kita akan tanam bibit kentang bliss dari Australia,” terangnya.

Lebih lanjut Hanyen menjelaskan, dalam waktu 3 bulan kentang varietas bliss sudah bisa dipanen. Hasilnya nanti akan disortir untuk memilih kentang yang akan dijadikan bibit lagi. Sedangkan, kentang berukuran besar akan dijual secara ekspor.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Bukan hanya mengembangkan tanaman kentang, namun pihaknya juga akan membudidayakan tanaman cabai hingga tomat pada lahan percontohan tersebut.

“Dengan lahan yang terbatas ini kita bisa memanfaatkannya secara optimal, sehingga hasilnya pun akan maksimal,” pungkas Hanyen Tenggono, Ketua HKTI Kabupaten Kuningan. (Eva/R3/HR-Online)