Beranda Berita Nasional Pengamat Nilai, Dukungan Din Syamsuddin dan Said Aqil Siradj Tak Jadi Jaminan...

Pengamat Nilai, Dukungan Din Syamsuddin dan Said Aqil Siradj Tak Jadi Jaminan AMIN Menang

Pengamat-Nilai-Dukungan-Din-Syamsuddin-dan-Said-Aqil-Siradj-Tak-Jadi-Jaminan-AMIN-Menang.jpg

harapanrakyat.com,- Din Syamsuddin dari Muhammadiyah dan Said Aqil Siradj dari Nahdlatul Ulama (NU), dukung pasangan Capres-Cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Meskipun dukungan ini memiliki dampak penting, bukan berarti kemenangan dalam Pilpres 2024 sudah terjamin bagi pasangan ini.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menggarisbawahi bahwa meskipun Din dan Said Aqil adalah tokoh-tokoh berpengaruh dalam organisasinya, dukungan dari mereka tidak mewakili sikap seluruh NU dan Muhammadiyah.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Organisasi seperti NU dan Muhammadiyah memiliki banyak pandangan dan keputusan internal yang tidak selalu berkaitan dengan politik praktis,” ungkap Agung Baskoro, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: Said Aqil Doakan Anies Baswedan dan Cak Imin Menang Pilpres

Agung menegaskan bahwa Anies dan Cak Imin perlu menjalankan upaya lebih lanjut untuk memperoleh dukungan yang lebih luas dari kalangan NU dan Muhammadiyah. Dukungan dari Din dan Said Aqil akan mempengaruhi secara elektoral, tetapi perlu dipahami bahwa itu tidak cukup untuk memenangkan Pilpres 2024.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Pengamat politik dari Universitas Andalas, Asrinaldi, juga menyoroti bahwa meskipun Din dan Said Aqil telah memberikan dukungan kepada Anies dan Cak Imin, hal ini tidak menjamin dukungan penuh dari anggota NU dan Muhammadiyah. “Keputusan politik tetap menjadi hak pemilih masing-masing,” tegasnya.

Dukungan dari Din Syamsuddin dan Said Aqil, bagaimanapun, akan memiliki efek domino. Hal ini berarti, walaupun tidak semua anggota NU dan Muhammadiyah akan memilih Anies dan Cak Imin, ada kemungkinan bahwa dukungan ini akan mempengaruhi sebagian besar kalangan warga NU dan Muhammadiyah.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Seiring dengan perjalanan menuju Pilpres 2024, Anies dan Cak Imin harus memastikan bahwa mereka memenangkan lebih banyak dukungan. Terutama, dari kalangan yang berada di bawah payung NU dan Muhammadiyah. (R8/HR Online/Editor Jujang)