Beranda Otomotif Sri Sultan HB X Resmi Membuka Ajang Kustomfest 2023

Sri Sultan HB X Resmi Membuka Ajang Kustomfest 2023

kustomfest-2023_1-scaled.jpeg

ROCKOMOTIF, Yogyakarta – Lebaran kustom alias Kustomfest 2023 resmi dibuka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang bertempat di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu (7/10/2023).

Ajang Kustomfest sendiri merupakan pestanya modifikator kustom kulture dan builder terbesar di Indonesia yang memasuki gelaran ke 12 kalinya pada tahun ini.

Dalam sambutannya, Sri Sultan HB X memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Kustomfest yang konsisten terus diadakan selama 12 tahun berturut-turut.

“Kustomfest tetap setia dengan komitmen di awal kelahirannya sebagai sebuah ruang saklar sekaligus bentuk kolaborasi nyata pergerakan kustom kulture yang mengusung identitas karya terbaik. Ini merupakan bentuk konsistensi dan kerja keras, serta dukungan semua pihak,” ucap Sri Sultan dalam seremoni pembukaan Kustomfest di Yogyakarta, Sabtu (10/7/2023).

sri sultan hb x kustomfest 2023

Baca juga: Beli Tiket Kustomfest Bisa Menang Mobil Kustom Keren

Sri Sultan juga menambahkan jika pemilihan tema Retro Future pada Kustomfest 2023 ini diibaratkan sebagai sebuah roda kendaraan yang esensinya saling membutuhkan.

Seperti tahun sebelumnya, di Kustomfest kali ini juga mengundang tamu dari luar negeri. Nama-nama seperti Mooneyes, Hiro “Wildman” Ishii, Natqq, Winston Yeh – Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu – Cherrys Company, Masayuki Sugihara – Luck MC, Yuichi Yoshizawa – CW Zon, Toshiyuki “Cheetah” Osawa.

Selain akan menjadi ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast dari dalam dan luar negeri, ekspresi para builder dan painter di skena kustom kulture, unjuk gigi para UMKM dan jenama lokal, Kustomfest 2023 menjadi wahana promosi para produsen otomotif dan apparel terkemuka.

Hal ini sesuai dengan spirit Kustomfest untuk selalu membawa perubahan yang mempunya dampak besar bagi tumbuhnya industri kreatif hingga ke mancanegara.

Baca juga: Flattrack Slide on Sunday di Kustomfest 2022 Didukung Produsen Aftermarket Lokal

kustomfest 2023

Beberapa rangkaian acara di Kustomfest 2023 antara lain Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush / Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan juga balapan Flat Track.

Menurut Lulut Wahyudi, Director Kustomfest menjelaskan jika tema Retro Future tahun ini di angkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro.

“Pada saat sebuah kendaraan dibuat baik desainer, produsen sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa yang akan datang. Kita tahu bahwa yang membedakan dari setiap era tersebut adalah muncul karya yang dihasilkan oleh pelaku kustom kulture,” ujar Lulut.

Baca juga: Kustomfest 2022 Siapkan Lucky Draw Chopper Electric Bike untuk yang Beruntung

kustomfest 2023

Lulut menambahkan jika hal ini juga mengajak untuk berpikir, melihat mencermati bahwa kendaraan atau produk yang saat ini mungkin terlihat biasa saja tetapi di masa depan bisa jadi sesuatu yang langka dan menjadi produk buruan kolektor.

Jangan lewatkan juga aksi band papan atas seperti Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, The SIGIT, Jangar dan The Hydrant akan menjadi beberapa penampil untuk menghibur para pengunjung sambil menikmati sajian kuliner dan aktivitas outdoor.