Beranda Otomotif Penjualan Suzuki Global Capai 80 Juta Unit, Didominasi Model Ini

Penjualan Suzuki Global Capai 80 Juta Unit, Didominasi Model Ini

rockomotif-penjualan-suzuki-global.jpg

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di tengah laju pertumbuhan sektor otomotif pasca pandemi covid-19, penjualan Suzuki global mampu menorehkan angka sebesar 80 juta unit untuk segmen kendaraan roda empat hingga akhir Agustus 2023.

Total pencapaian tersebut dikontribusikan dari pasar dalam negeri Jepang, serta pasar di luar Jepang. Berdasarkan data yang dirilis, di Jepang, mereka berhasil mengumpulkan 28,9 juta dan 51,27 juta dikontribusikan dari pasar luar negeri.

Sementara itu, jika diuraikan berdasarkan negara, penjualan Suzuki global paling banyak berada di Jepang, di mana pasar tersebut menguasai 36 persen, disusul oleh pasar India sebesar 32,6 persen, Asia sebesar 13,5 persen, Eropa sebesar 10 persen dan ditutup oleh beberapa wilayah lainnya meliputi Amerika Utara, Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika dan negara lainnya dengan perolehan sekitar 7,8 persen.

Saat ini, brand dengan logo S ini memiliki 15 basis produksi mobil yang tersebar di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang. Terkait pemasarannya, saat ini mereka telah mengekspansi 184 negara dan menjadi cakupan terbesar di seluruh dunia.

Terkait penjualan Suzuki global tersebut, model Alto menjadi penyumbang terbesar di mana model ini memberikan 20 persen dari total 80 juta unit pada akhir bulan lalu. Mobil ini sendiri telah digunakan oleh banyak konsumen selama 44 tahun sejak dirilis pertama kalinya pada 1979.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk kami. Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga memiliki sejarah sendiri. Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan,” jelas Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki, dalam keterangan resminya.

Setelah model Alto, produk lainnya yang juga memberikan kontribusi terbaik pada penjualan Suzuki global ini adalah WagonR. Model ini, berdasarkan data yang dirilis produsen otomotif tersebut memberikan 11,8 persen kemudian di posisi ketiga ditempati oleh Swift dengan pencapai 11,2 persen.