Beranda Otomotif Ryan Nirwan Sapu Bersih Kemenangan di Tanah Pasundan

Ryan Nirwan Sapu Bersih Kemenangan di Tanah Pasundan

rockomotif-ryan-nirwan-bandung-03.jpg

ROCKOMOTIF, Bandung – Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, Ryan Nirwan, berhasil mencetak rekor baru pada gelaran Kejurnas Sprint Rally Bandung 2023 yang berlangsung pada akhir pekan lalu (9-10/9/2023).

Hal tersebut menjadikan konsistensi pereli asal Balikpapan, Kalimantan Timur, sejak sesi shakedown dilangsungkan di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Menurutnya, keberhasilan ia dalam meraih juara di Tanah Pasundan ini merupakan kerja keras tim yang telah menyiapkan mobil rally dengan baik.

“Ya pertama pasti senang, akhirnya setelah menunggu sekitar setengah musim, akhirnya bisa menjadi juara. Yang bikin saya senang adalah mulai dari hari Kamis saat sesi latihan, Jumat ada sesi shakedown, lalu Sabtu ada SS satu dan SS dua, kemudian pada Minggu SS tiga dan SS empat, benar-benar waktunya fastest,” ungkap Ryan Nirwan saat dihubungi ROCKOMOTIF.

Ryan Nirwan - Adi Indiarto
Toyota GR Yaris AP4 masih kompetitif untuk bersaing dengan mobil rally lainnya (TGRI/Andra Nidiawan)

Menurut kakak dari pembalap Glenn Nirwan ini, pencapaian ia dalam memperlihatkan konsistensi tersebut juga menjadi sebuah pembuktian bahwa meski saat ini posisinya hanya ia seorang yang menggeber mobil rally AP4, namun dirinya masih bisa berkompetisi secara sengit dengan para rivalnya.

“Ya yang bikin saya senang juga adalah, semua orang tahu bahwa mobil memang spesifikasinya berbeda jauh, tapi di sini kita bisa menunjukkan bahwa kita masih bisa fight dan menang melawan mereka dengan memenangkan semua SS dan itu pasti senang banget,” tambah Ryan.

Di samping itu, melalui kemenangan yang ia raih tersebut, tidak hanya berharga bagi dirinya dan Adi Indiarto sebagai co-driver. Namun, lewat keberhasilan dalam menjadi jawara di Bandung, Jawa Barat, ini juga menjadi sebuah penyemangat untuk internal tim bahwasanya kemenangan tersebut masih bisa diraih dengan sangat baik.

“Moral tim, teman-teman, yang tadinya sedikit drop karena tahun lalu kita kuasai semua, lalu kita sempat drop tapi dengan kemenangan ini membuat semangat kembali berkobar. Saya tidak pernah bilang tidak ada harapan, pastinya kita fight terus. Di sini, mudah-mudahan semangat tim dan semuanya bikin kita semangat lagi untuk menghadapi seri-seri berikutnya,” imbuhnya.

Ryan Nirwan - Adi Indiarto
Toyota GR Yaris AP4 sukses mengantarkan Ryan Nirwan jadi juara (TGRI/Andra Nidiawan)

Sementara terkait performa Toyota GR Yaris AP4 yang ia kemudikan, settingan yang diracik oleh tim engineer semua berbuah manis serta mampu memberikan performa terbaik sepanjang kompetisi.

Hal ini pula yang membuat Ryan Nirwan semakin percaya diri saat melibas lintasan tarmac di mana total jarak yang ditempuh selama 4 Special Stage cukup mumpuni untuk mengeluarkan potensi dari hot hatchback tersebut.

“Di sini kita menemukan settingan yang terbaik, tim mekanik bisa dapatin settingan suspensi yang pas untuk track tricky yang nyetirnya harus presisi dan benar-benar jadinya saya bisa ngepol,” pungkas pereli sekaligus pengusaha ini.

Berikut hasil akhir Kejurnas Sprint Rally Bandung 2023:

  1. Ryan Nirwan / Adi Indiarto – Toyota Gazoo Racing Indonesia – 12 menit 47,9 detik
  2. H Rihans / Anthony Sarwono – HRVRT BGM HBM BMB MITRA FORD – 13 menit 01,9 detik
  3. H Rahmat / Hade Mboi – LFN Sederhana Motorsport – 13 menit 14,4 detik
  4. Rifat Sungkar / Hendra Damanik – LFN Sederhana Motorsport – 13 menit 47,2 detik
  5. Emmanuele Amandio / Deddy Indra – AHSRT – 14 menit 04,2 detik