Beranda Berita Subang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang, Dengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang, Dengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang, Dengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia

Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi hadir dalam rapat paripurna yang diadakan oleh Presiden Republik Indonesia untuk merayakan HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Acara ini diadakan di gedung DPRD Kabupaten Subang pada hari Rabu (16/8).

Dalam rapat tersebut, dipimpin secara langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Subang H. Narca Sukanda menyampaikan pengucapan selamat ulang tahun kepada Republik Indonesia yang memasuki usia ke-78.

Dalam agenda yang dilaksanakan langsung di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan dua pidato, yakni penyampaian laporan kinerja Lembaga-lembaga Negara dan pidato dalam rangka perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa kita harus bersatu menjaga moralitas ruang publik, bersatu menjaga mentalitas masyarakat. Sehingga, kita bisa tetap melangkah maju, menjalankan transformasi bangsa. Menuju Indonesia maju, menuju Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:  Penyuluh Pertanian dari Kabupaten Subang Raih Penghargaan Penyuluh Pertanian Teladan Nasional 2024 dari Kementan

Ia juga menyampaikan dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar, sehingga memudahkan kita dalam setiap bernegosiasi. Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya. Sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

"Kita telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6% di 2022, menaikkan Indeks Pembangunan Manusia menjadi 72,9 di 2022, menaikkan Indeks Pemberdayaan Gender menjadi 76,5 di tahun 2022. Menyiapkan anggaran perlindungan sosial total sebesar, kalau dijumlah dari tahun 2015-2023, sebesar Rp 3.212 triliun. Termasuk di dalamnya Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, KIP Kuliah, PKH, Kartu Sembako serta perlindungan kepada lansia, penyandang disabilitas dan kelompok-kelompok rentan lainnya, serta re-skilling dan up-skilling tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja dan Program Kartu Pra-Kerja," Ungkapnya.

BACA JUGA:  DPRD Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan KUA PPAS 2024

Ia juga mengatakan di saat yang sama SDM yang telah kita persiapkan harus mendapat lapangan kerja untuk menghasilkan produktivitas nasional, sehingga kita juga harus mengembangkan sektor ekonomi baru yang membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, yang memberikan nilai tambah sebesar-besarnya. 

"Di sinilah peran sektor ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai window opportunity kita untuk meraih kemajuan, karena Indonesia sangat kaya sumber daya alam termasuk bahan mineral, hasil perkebunan, hasil kelautan, serta sumber energi baru dan terbarukan," Ujarnya.

BACA JUGA:  Mengenal ARD, Profil Calon Bupati Subang Sosok Pemimpin Muda

Presiden Joko Widodo mengakhiri pidatonya dengan mengajak semua warga Indonesia untuk bersatu padu dalam membangun masa depan yang lebih baik, meneruskan semangat para pahlawan bangsa, dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Kabupaten Subang, anggota DPRD Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP Subang, para Asda, para Kepala OPD, BUMN/BUMD serta tamu undangan lainnya.