Beranda Berita Nasional Asal Usul Nama Gunung Sangkur Kota Banjar hingga Legenda Sangkuriang

Asal Usul Nama Gunung Sangkur Kota Banjar hingga Legenda Sangkuriang

Gunung-Sangkur.jpg

harapanrakyat.com,- Asal usul nama Gunung Sangkur yang berada di wilayah Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, diyakini berkaitan dengan legenda Sangkuriang Gunung Tangkuban Perahu.

Rupanya Gunung Sangkur tak hanya memiliki situs sejarah dan menyimpan berbagai kisah menarik seperti Ki Tekel dan bagong gaib saja.

Salah seorang warga setempat, Hataswara, mengungkapkan asal usul riwayat penamaan Gunung Sangkur tersebut.

Ia mengatakan, Sangkur memiliki makna saha anu nyingkur atau siapa yang bersembunyi (mengasingkan diri). Sangkur berarti juga tajam layaknya senjata. Begitupun dengan sejarahnya.

Selain itu, berdasarkan penuturan secara turun-temurun dari para leluhur bahwa, dinamakan Sangkur karena ada hubungannya dengan kisah legenda Sangkuriang.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Sangkur artinya saha anu nyingkur. Nyingkur artinya bersembunyi atau mengasingkan diri,” kata Hata kepada harapanrakyat.com, Minggu (04/06/2023).

Lanjutnya menjelaskan, asal usul nama Gunung Sangkur itu berawal dari kisah legenda Sangkuriang. Konon, Gunung Sangkur pernah disinggahi oleh Dewi Dayang Sumbi ketika diasingkan dari istana.

Setelah itu, nama Sangkur menjadi sebutan yang diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang. Hingga sekarang ini Gunung Sangkur tidak pernah berganti nama.

“Dinamakan Sangkur karena ada hubungannya dengan Sangkuriang. Sangkur itu artinya saha anu nyingkur. Bersembunyi atau mengasingkan diri,” ujar Hata yang juga Panglima Besar Pasukan Laskar Adat Maung Bodas Cakra Buana.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga: Napak Tilas, Mengungkap Misteri Petilasan Eyang Singaperbaya Gunung Sangkur Kota Banjar

Nama Gunung Sangkur Kota Banjar dan Cerita Para Tetua

Warga lainnya, Kandar, mengatakan, penyebutan nama Gunung Sangkur sudah dari zaman dahulu. Menurut cerita para tetua memang ada kaitannya dengan legenda Sangkuriang.

Nama Sangkur juga tidak ada penambahan maupun penyusunan kata yang lain. Warga sampai sekarang pun menyebut dan mengenalnya dengan nama Gunung Sangkur.

“Nama Gunung Sangkur itu sudah dari dulu. Katanya memang ada kaitannya dengan Sangkuriang,” ujar Kandar.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ia pun menceritakan bahwa sejak zaman dahulu kawasan Gunung Sangkur memang kerap terjadi kejadian-kejadian aneh. Seperti adanya orang masuk kerajaan alam gaib hingga berhari-hari.

Kejadian-kejadian aneh itu seperti cerita mitos, tapi nyata adanya. Karena beberapa warga ada yang mengalami kejadian aneh tersebut.

“Memang sejak dulu juga di Gunung Sangkur banyak cerita dan kejadian aneh. Saya sendiri sejak kecil sering mendengar banyak kejadian aneh, seperti orang masuk kerajaan besar, dan itu hampir terjadi setiap tahunnya,” pungkasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor: Eva)