Beranda Berita Nasional Dinas Tenaga Kerja Layani Pembuatan AK 1 di Stand Ciamis Creative Festival

Dinas Tenaga Kerja Layani Pembuatan AK 1 di Stand Ciamis Creative Festival

Dinas-Tenaga-Kerja-Layani-Pembuatan-AK-1-di-Stand-Ciamis-Creative-Festival.jpeg

harapanrakyat.com,- Dalam rangka mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melayani pembuatan kartu pencari kerja (AK 1) dengan membuka stand di lokasi Ciamis Creative Festival (CCF) Gedung Islamic Center.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, H Okta Jabal Nugraha mengatakan, selama 7 hari event CCF, pihaknya melayani untuk diterbitkan kartu AK-1 ( kartu kuning).

“Dalam sehari, rata-rata kita melayani pemohon AK 1 antara 20 sampai 26 orang. Banyak juga dari pengunjung yang berkonsultasi seputar dunia kerja. Saya mengajak masyarakat yang ingin membuat AK 1 untuk datang ke stand Disnaker,” ungkap Okta, Sabtu (3/6/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca juga: Job Fair di Ciamis Membludak, Pendaftar Sampai 6.000 Orang Lebih

Selain melayani pencari kerja di dalam negeri, Disnaker juga melayani masyarakat yang hendak bekerja ke luar negeri sebagai pekerja migran Indonesia (PMI).

“Jadi masyarakat yang ada niat bekerja ke luar negeri, bisa konsultasi dulu ke petugas yang ada di stand. Tentang prosedur, mekanisme serta aturan menjadi pekerja di luar negeri. Kita terbitkan rekomendasi paspor bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI),” ujarnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelumnya, berbarengan dengan pembukaan Ciamis Creative Festival (CCF), Dinas Tenaga Kerja menggelar event Ciamis Job Fair tanggal 30-31 Mei 2023.

Job fair itu diikuti lebih dari 6.000 orang pendaftar. Mereka berkesempatan masuk di 15 perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan.

“Ada sebanyak 1.251 lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan, baik swasta, BUMN, BUMD dan lainnya,” kata Okta.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Okta berharap, keikutsertaan Dinas Tenaga Kerja dalam event Ciamis Creative Festival ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pada intinya, berbagai upaya kita untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran bisa lebih optimal,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)