Beranda Berita Nasional Seleksi Pemuda Pelopor Ciamis Dibuka, Ini Persyaratan dan Tahapannya

Seleksi Pemuda Pelopor Ciamis Dibuka, Ini Persyaratan dan Tahapannya

IMG_20230306_210434_leQVjLdi4c_JKX4ocVr8Y.jpeg

harapanrakyat.com,- Seleksi Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Ciamis dibuka. Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis mulai melakukan sosialisasi.

Pada pemilihan Pemuda Pelopor nanti, peserta yang berhasil menjadi juara akan mewakili Kabupaten Ciamis di tingkat Provinsi Jawa Barat. Bahkan, yang jadi juara tingkat Kabupaten Ciamis berhak mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 16,25 juta.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan melalui Kabid Pemuda dan Kepramukaan Tri Suratno mengatakan, seleksi Pemuda Pelopor Ciamis dibuka dari tanggal 2 Maret sampai 14 Maret 2023.

“Jadi, Pemuda Pelopor ini tujuannya untuk menjaring kepemudaan di masyarakat yang telah berhasil di bidang kepeloporan,” katanya, Senin (6/3/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurutnya, untuk persyaratannya pun tidak rumit. Ada 7 persyaratan yang harus dilampirkan para calon Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Tidak Ada Laporan Kasus Flu Burung, Disnakan Ciamis Lakukan Ini untuk Pencegahan

Adapun persyaratan itu yakni, usia 16-30 tahun, pemuda yang KTP Kabupaten Ciamis, bukan pegawai negeri sipil (PNS) atau BUMD dan BUMN. Pendaftar telah melakukan kepeloporan minimal 1 tahun.

“Kemudian mengisi form pendaftaran, belum pernah juara 1-3 pada seleksi pemuda pelopor tingkat Nasional. Terakhir adalah melampirkan surat rekomendasi dari kecamatan asal,” tuturnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Seleksi Pemuda Pelopor Ciamis Terbagi 5 Bidang

Tri menjelaskan, pada pemilihan pemuda pelopor tingkat Kabupaten Ciamis ini akan terbagi menjadi 5 bidang yakni pangan, pendidikan, inovasi teknologi.

“Kemudian bidang agama, sosial dan budaya. Terakhir adalah bidang sumber daya alam, lingkungan dan juga pariwisata,” jelasnya.

Tri menuturkan, untuk berkas formulir pendaftaran bisa mengunduhnya melalui online pemuda pelopor Ciamis. Atau langsung ke kantor Disbudpora Ciamis yang berada di Jalan RAA Kusumahsubrata nomor 9 Kertasari, Ciamis.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Mengisi formulirnya dengan cara ketikan bukan tulis tangan, dan kirim melalui Google Form,” tuturnya.

Tahapan pemilihan pemuda pelopor tingkat Kabupaten Ciamis yakni pendaftaran pada tanggal 2-14 Maret 2023, untuk seleksi berkas calon peserta 15-31 Maret 2023.

Tahapan selanjutnya yakni pemanggilan nominasi 35 besar, 7 besar setiap bidang atau tahap Pitching dan wawancara tanggal 12-13 April 2023.

“Lalu tahap fact finding dan juga seleksi pemuda pelopor pada tanggal 17-19 April 2023. Terakhir pengumuman 3 besar pemenang tanggal 20 April 2023,” pungkasnya.(Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)