Beranda Berita Subang Rakerda XIII, Dekopinda Subang Dorong Peran Koperasi untuk Tekan Inflasi

Rakerda XIII, Dekopinda Subang Dorong Peran Koperasi untuk Tekan Inflasi

1675916313604-01-scaled.jpeg

KOTASUBANG.com, Subang – Dekopinda Kabupaten Subang hari ini kamis (9/2/2023) menggelar acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XIII di Graha Hatta Dekopinda Subang. Turut hadir bersama puluhan perwakilan koperasi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi.

Ketua Pelaksana, Hardoyo menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut mengangkat tema “Dengan Semangat Kolaborasi Menjalin Sinergi Koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang”.

Hardoyo juga memaparkan seluruh peserta merupakan perwakilan unsur dari pengurus koperasi seluruh kabupaten Subang “Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus koperasi yang ada di Kab. Subang yang dalam hal ini mengundang sebanyak 80” tutupnya.

BACA JUGA:  Mengenal ARD, Profil Calon Bupati Subang Sosok Pemimpin Muda

Ketua Dekopinda Subang H. Daeng Makmur Tahir dalam sambutannya menghimbau agar gerakan Koperasi menyalurkan dananya untuk keperluan produktif seperti UMKM.

“Berapa dana yang disalurkan untuk UMKM ?, jangan sampai uang yang beredar di koperasi itu lebih banyak untuk konsumtif saja. Kita dorong 30-40 persennya dipakai untuk produktif. Karena kalau tidak, inflasi kita akan tinggi, tidak akan menghasilkan produk.

Wakil Bupati Subang menekankan bahwa pengurus koperasi harus produktif dalam sektor pembinaan koperasi yang ada dibawah naungan Dekopinda Kab. Subang

Kang Akur, sapaan akrab wakil Bupati Subang juga berharap dengan peran Dekopinda kab. Subang, tingkat produktifitas koperasi sebagai pendorong UMKM harus signifkan “Dekopinda harus menjadi opteker para pelaku UMKM di Subang”

BACA JUGA:  DPRD Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan KUA PPAS 2024

Kang Akur juga berharap dengan eksistensi koperasi hari ini Masyarakat kita bisa lebih maju, tentu dengan Jumlahnya para pelaku UMKM hingga sampai delapan puluh ribu yang membutuhkan pendampingan di era digital hari ini

Kang Akur juga menekankan, jangan sampai pelaku UMKM ini terjebak pada pinjaman rentenir dan pinjaman online “Tantangannya kedepan di era digitalisasi lebih besar, sehingga diperlukan peran dari Dekopinda untuk pelaku UMKM, dengan Memberikan pelatihan kepada para pelaku koperasi agar tidak ketinggalan” ucap Kang Akur yang juga penasihat Dekopinda Subang.

BACA JUGA:  Pelantikan Anggota DPRD Subang Periode 2024-2029: Wajah Baru Dominasi

Kang Akur juga mengajak kepada seluruh peserta untuk mampu menangkap Peluang juga tantangan, di era digital “jangan sampai handphone kita sudah smart tapi kita tetap masih gagap teknologi” pungkasnya

Dilanjutkan dengan pembukaan agenda rakerda Dekopinda Subang ke XIII dan diteruskan Diskusi bersama ketua Dekopimwil Jabar

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Dekopimwil Jabar, Sekdis DKUPP dan jajaran, Jajaran Pengurus Dekopinda Kab. Subang dan para peserta Rakerda.