Beranda Otomotif Juara AXCR 2022, Mitsubishi Siapkan Triton Versi Ralliart di Indonesia?

Juara AXCR 2022, Mitsubishi Siapkan Triton Versi Ralliart di Indonesia?

triton-ralliart_1-scaled.jpeg

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melalui divisi motorsport yaitu Mitsubishi Ralliart baru saja menuntaskan ajang balap Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 dan berhasil meraih juara. Pada ajang AXCR 2022 ini, pembalap nasional dan juga Brand Ambasador Mitsubishi Indonesia yaitu Rifat Sungkar menjadi pembalap tim Mitsubishi Ralliart.

Pembalap tim Mitsubishi Ralliart Chayapon Yotha (Thailand) berhasil finis di posisi pertama secara keseluruhan, dengan total waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik, dan pembalap Rifat Sungkar (Indonesia) finis di posisi kelima, tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen.

Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR ini menerima dukungan teknis dari Mitsubishi Motors dengan mobil reli Triton (Kendaraan lintas negara prototipe Grup T1). Keberhasilan Mitsubishi Triton ini membuat pertanyaan akankah mobil Triton edisi Ralliart ini akan dijual ke konsumen, terutama di Indonesia?

Menurut Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan melihat fakta bahwa mobil yang digunakan dalam reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi yang sangat berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton yang dibuktikan langsung di lapangan.

mitsubishi triton ralliart axcr 2022

Baca juga: AXCR 2022 Jadi Arena Pertarungan Mitsubishi Triton Ralliart di Lintasan Ganas

“Di Indonesia Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini akan semakin memperkuat posisi Triton di pasar nantinya,” jelas Nakamura dalam jumpa pers virtual, Senin (28/11/2022).

Namun menurut Hiroshi Masuoka selaku Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, pihaknya masih melihat ke depan perkembangan dari Mitsubishi Triton dan juga tim Mitsubishi Ralliart itu sendiri.

“Ralliart memang ini jadi langkah pertama upaya pertama buat mobil racing. ACXR sendiri merupakan event untuk mencari data dan mengumpulkan data untuk mendapatkan mobil performa dan motorsport. Setelah melakukan banyak penelitian dan data-data yang dikumpulkan kami baru akan memikirkan ke depannya akan buat mobil performa tinggi,” beber Masuoka di kesempatan yang sama.

mitsubishi triton ralliart axcr 2022

Spek Standar dengan Sedikit Modifikasi

Menurut Masuoka, mobil yang digunakan tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022 ini merupakan mobil standar dengan sedikit penyesuaian untuk menghadapi medan reli.

“Untuk tantangan AXCR tahun ini, tim Mitsubishi Ralliart bangun Triton dari model produksi dengan sedikit penyesuaian pada mesin, sasis dan suspensi. Ini tetap mobil yang sama dengan model produksi. Kami bangga dua mobil itu menunjukkan performa yang kuat dan finish di posisi teratas. Terutama pembalap yang bisa memaksimalkan potensi mobil, mekanik dan engineer yang menyempurnakan terus kendaraan ini, serta semua pihak yang memberikan pengetahuan pada pengembangan mobil ini,” ungkap Masuoka lebih lanjut.

Yasuo Tanaka selaku Technical Support dari MMC menambahkan jika detail peningkatan di Triton ini hanya pada drive train dan suspensi.

“Kami gunakan rem standar reli. Untuk engine kami ganti radiator terutama fungsi pendinginnya serta exhaust layer juga diubah. Selain itu komponennya tetap asli. Itu saja,” jelas Tanaka.

Baca juga: Mitsubishi Siap Bangkitkan Esensi Balap Lewat Ralliart

mitsubishi triton ralliart axcr 2022

Rifat Sungkar sendiri mengungkapkan jika sebagai anak baru di ajang reli AXCR ini membuktikan kalau mobil Triton punya kemampuan untuk berkompetisi di ajang ini.

“Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali di ajang AXCR 2022. Cuma saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat. Sebagai anak baru saya bisa tunjukkan dari posisi 8 ke 4, dan kemudian finish di posisi 5. Biasanya anak baru akan kesusahan dan sulit untuk finish,” tambah Rifat.

Lantas apakah nantinya MMKSI akan menjual Triton dengan edisi Ralliart ini untuk pasar Indonesia?

“Dengan berakhirnya AXCR bisa kita lihat kemampuan yang sangat mumpuni AXCR Triton dan kami ingin mempromosikan kehebatan Triton di ajang ini. Namun belum ada detail sales untuk mobil AXCR ini.
Kami hanya akan mempromosikan bahwa Triton memiliki kekuatan seperti yang ditunjukkan di AXCR tahun ini,” pungkas Nakamura.