Beranda Berita Nasional Wisata Pantai Rembat Indramayu sebagai Ekowisata Mangrove

Wisata Pantai Rembat Indramayu sebagai Ekowisata Mangrove

Wisata-Pantai-Rembat-Indramayu-sebagai-Ekowisata-Mangrove.jpg

Wisata pantai Rembat Indramayu resmi dibuka sejak 2019 lalu. Terletak di Jalan Raya Juntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dari alun-alun Indramayu, destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 20 kilometer.

Wisata Pantai Rembat Indramayu Memiliki Spot Foto Instagramable

Pantai Rembat memiliki hamparan pasir berwarna kecoklatan. Meski air lautnya tidak terlalu biru cerah, tetap segar dan bersih. Wisatawan yang datang berkunjung sering kali bermain air, berenang, hingga memancing.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Banjar untuk Liburan Tahun Baru

Destinasi wisata ini memiliki ombak yang cukup tenang. Sehingga aman untuk bermain air maupun berenang, terutama bagi anak-anak.

Spot Foto

Kurang afdol rasanya jika tidak hunting foto ketika berkunjung ke pantai Rembat. Pantai ini memiliki empat spot foto yang menarik untuk Anda coba.

BACA JUGA:  Review Infinix Hot 40 Pro: HP Gaming Murah Terbaik

Memiliki jembatan kayu yang terletak menjorok ke tengah laut. Anda akan menemukan tiga spot foto. Sedangkan spot foto lainnya berada di pinggir pantai.

Tiga spot foto yang ada di jembatan kayu memiliki bentuk beragam. Ada love, spot dengan papan kayu bertuliskan kata-kata mutiara, hingga ornament tanaman.

Spot foto berbentuk love terbuat dari akar pepohonan ataupun tanaman. Spot foto ornamen tanaman memiliki bentuk melingkar yang cocok sebagai latar belakang foto.

Sementara itu, spot yang berada di pinggir pantai berbentuk ayunan. Tak sedikit wisatawan yang rela mengantri demi berfoto di spot tersebut.

Spot-spot foto ini memang sengaja didesain dengan memanfaatkan potensi alam. Selain hemat budget, juga lebih ramah lingkungan sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi ekosistem pantai Rembat.

BACA JUGA:  Untung Bukan di Subang, 2 Anggota Polisi Terlibat Aksi Kejahatan

Ekowisata Mangrove

Wisata pantai Rembat Indramayu juga memiliki ekowisata mangrove. Meskipun lahan mangrove masih sangat terbatas, kawasan ekowisata tersebut tetap memberikan banyak manfaat.

Baca Juga: Waduk Cipancuh Indramayu, Keindahan yang Membuat Nyaman

Tidak hanya sekedar menambah keindahan dan keasrian pantai, Ekowisata mangrove dapat mencegah abrasi dan pengikisan pasir.

Dilansir dari akun Instagram Kecamatan Juntinyuat, @kecamatanjuntinyuat, pada November 2022 lalu, telah diselenggarakan kegiatan penanaman pohon, pembersihan pantai, dan edukasi abrasi pantai Rembat.

Kegiatan ini dihadiri oleh general manager pertamina gas, kepala BPBD Kab. Indramayu, Dinas Pariwisata Indramayu, Dinas Kehutanan Kab. Indramayu, Camat Juntinyuat, dan pihak terkait lainnya. Hal ini sebagai bentuk upaya pengelolaan pantai Rembat secara berkelanjutan.

BACA JUGA:  Subang Jadi Pembuka Piala By.U 2024, Turnamen Futsal SMP SMA Terbesar di Indonesia

Fasilitas

Demi menunjang aktivitas dan kegiatan para wisatawan, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari tempat parkir, toilet, kamar mandi untuk bilas, mushola, hingga warung makan.

Baca Juga: Pantai Mekar Bekasi, Keindahan Lautan Biru dan Ombak Tenang

Untuk berkunjung ke pantai Rembat, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor. Akses dan medan jalannya mudah untuk dilalui.

Saat menyambangi wisata pantai Rembat Indramayu pastikan selalu menjaga kebersihan dan tata tertib. Jangan membuang sampah sembarangan dan merusak ekosistem maupun properti yang ada di pantai Rembat demi kepentingan bersama. (R10/HR-Online)