Beranda Berita Subang Sony Kusdinar Pimpin FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024

Sony Kusdinar Pimpin FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024

99ef98201f9092909653824c9e152678.jpg

KBRN, Subang: Musyawarah Daerah (Musda) Forum Komunikasi Badan Perwakilan Desa (FK-BPD) Kabupaten Subang, yang digelar di Hotel Lokus, Sabtu (18/9/2021), dengan agenda pemilihan kepengurusan FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024.

Dalam Musda FK-BPD tersebut, Anggota BPD Desa Belendung Sony Kusdinar  terpilih menjadi Ketua FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024.

Ketua FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024 terpilih Sony Kusdinar dalam sambutannya mengajak kepada seluruh Anggota FK-BPD Kabupaten Subang, untuk merapatkan barisan dan membangun soliditas, agar FK-BPD ini memiliki taring yang runcing, agar memiliki pengaruh yang besar di pemerintahan. Sehingga BPD tidak lagi dipandang sebelah mata.

BACA JUGA:  Wabup Subang Hadiri Tasyakuran Renovasi Masjid dan Peringatan Maulid di Masjid Babussalam Cijambe

“Kedepan mari kita bergandeng tangan, bersatu memperkuat persatuan, dan kesatuan di internal FK-BPD, kemudian membenahi struktur organisasi, agar kita tidak lagi disepelekan. Padahal kita di tingkat pemerintahan desa, sama seperti anggota legislatif di tingkat kabupaten/kota,” ujar Sony.

Jangan sampai BPD tidak dilibatkan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, ternasuk dalam berbagai hal dan kewenangannya, dalam menentukan pembangunan didesanya masing-masing. Sementara dalam Undang-undangnya BPD selain berfungsi sebagai mitra kepala desa, juga memiliki tugas pokok mengawasi kepala desa, termasuk memiliki kewenangan mengeluarkan persetujuan dari setiap kewenangan yang dikeluarkan kades.

BACA JUGA:  Ratusan Atlet Kota Bekasi Siap Serbu Subang pada Porprov XIV Mendatang

“Masa tugas dan pokok dan fungsi BPD, tidak masuk dalam regulasi perda, kan ironis. Alhamdulillah perda sudah mengakomodir tupoksi dan keberadaan BPD di desa,” tegasnya.

Selain itu masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Pengurus FK-BPD lanjut Sony, salah satunya memperjuangkan hak, atau honor BPD, yang seharusnya sama dengan hak dan honor Kades, justru di Subang honor BPD di bawah honor Kepala Dusun (Kadus).

“In Syaa Alloh tahun depan honor kita sudah mulai naik, meaki belum sesuai harap, dari seluruh anggota FK-BPD. Artinya menjadi agenda kerja FK-BPD yang saya pimpin ini, untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh Anggota BPD, minimal gradenya di bawah Kades, atau sama lah dengan honor kades,” pungkas Sony.

BACA JUGA:  Pembahasan Revisi P3SPS, KPID Jabar dan Stakeholder akan Kawal Prosesnya

Sementara itu dalam Musda FK-BPD Sony Kusdinar, menyisihkan dua kontestan lainnya, yaitu Wahyu Nurjani yang mendapatkan dukungan 11 suara, dan Ade  Nurhadi 5 suara, sedangkan Sony Kusdinar mendapatkan 16 dukungan suara. Sehingga dengan raihan 16 suara tersebut Sony Kusdinar berhak memimpin FK-BPD Kabupaten Subang Periode 2021-2024.