Beranda Berita Nasional Respons Cepat Bupati Ciamis, Bantu Bangunkan Rumah Mak Kanis yang Nyaris Ambruk

Respons Cepat Bupati Ciamis, Bantu Bangunkan Rumah Mak Kanis yang Nyaris Ambruk

rumah-mak-kanis-ambruk.jpeg

harapanrakyat.com,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya respons cepat mendatangi Mak Kanis, seorang lansia yang tinggal di rumah tidak layak huni dan nyaris ambruk. Lokasinya di Lingkungan Bangunsari, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Herdiat yang baru pulang kunjungan kerja di Kecamatan Panawangan dan Panumbangan, di perjalanan membuka-buka medsos. Membaca salah satu media ada berita warga yang rumahnya tidak layak huni.

Setelah selesai salat magrib, Herdiat pun langsung mendatangi rumah Mak Kanis di Maleber. Kedatangan orang nomor 1 di Ciamis ini pun disambut masyarakat setempat. Herdiat mengecek langsung kondisi rumah Mak Kanis yang memprihatinkan dan nyaris ambruk.

BACA JUGA:  Bansos PKH 2024 Cair Sampai 3 Juta, Ini Cara Mendapatkannya

Diketahui, Mak Kanis tinggal bersama salah satu cucunya yang sudah berumah tangga dan mempunyai 1 anak di rumah reyot tersebut.

“Tau dari medsos lalu membaca berita tadi di perjalanan dari Panawangan dan Panumbangan, ada warga yang rumahnya tidak layak huni. Setelah magrib saya langsung datang ke lokasi,” ujar Herdiat, Selasa (19/12/2023).

BACA JUGA:  Ini Daftar Tarif Listrik PLN per 1 Maret 2024 Berikut Penjelasannya

Herdiat pun langsung memberikan bantuan untuk membangun rumah Mak Kanis. Rumah yang dibangun berukuran 5×7 meter dengan lantai keramik, dapur dan juga toilet.

Baca Juga: Nestapa Mak Kanis, Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk di Pusat Kota Ciamis

Herdiat juga akan memberikan televisi kepada Mak Kanis sebagai hiburan. Dalam kesempatan itu, Herdiat juga memberikan sembako.

BACA JUGA:  Pabrik Amonium Nitrat DAHANA - Pupuk Kaltim Dibuka di Bontang

“Insyaallah rumah akan langsung dibangun. Kondisinya memang memprihatinkan dan tidak layak huni,” ungkap Herdiat.

Diberitakan sebelumnya, Mak Kanis, lansia berusia 80 tahun tinggal di rumah yang nyaris ambruk di Kelurahan Maleber. Mak Kanis tinggal bersama cucunya yang telah berumah tangga.

Mela, tetangga Mak Kanis, membenarkan kondisi rumah lansia itu sangat memprihatinkan. Ketika hujan, Mak Kanis sekeluarga terpaksa mengungsi ke garasi mobil tetangganya karena khawatir ambruk. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)