Beranda Berita Nasional Reses, Anggota DPRD Ciamis Ini Ajak Masyarakat Memajukan Desa

Reses, Anggota DPRD Ciamis Ini Ajak Masyarakat Memajukan Desa

Anggota-DPRD-Ciamis-Reses.jpg

harapanrakyat.com,– Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Supriatna Gumilar mengajak masyarakat memajukan desa. Hal itu disampaikannya saat reses di beberapa desa Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (26/12/2022).

Pria yang akrab dipanggil Cuking ini mengatakan, untuk memajukan Kabupaten Ciamis, masyarakat bisa memulainya dengan memajukan desa terlebih dahulu.

“Karena ketika semua desanya maju dengan kemandirian masyarakat, niscaya kabupaten pun secara otomatis akan lebih maju dan mudah dalam mensejahterakan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Indonesia Tidak Ekspor Bahan Mentah

Baca Juga: Komisi C DPRD Ciamis Tinjau Lokasi Aspal Mengelupas di Banjaranyar

Cuking juga meminta masyarakat paham politik, apalagi sebentar lagi akan menghadapi tahun politik.

“Maka dari itu, saya mengajak kepada masyarakat agar sedikit demi sedikit tahu tentang arti politik serta hidup berpolitik. Jangan sampai masyarakat salah kaprah dalam mengartikan politik, bagaimanapun berpolitik itu merupakan hak semua warga,” katanya.

Menurut Cuking, pemahaman masyarakat terhadap politik masih rendah. Salah satu buktinya yaitu mudahnya masyarakat diiming-imingi uang (money politic).

BACA JUGA:  KPK: Tak Sepatutnya Ada Perlakuan Khusus terhadap Koruptor

“Sehingga saat datangnya pesta demokrasi, masyarakat itu bukannya memikirkan bagaimana dan siapa calon yang diusung dan benar benar amanah serta keberpihakan kepada rakyat ketika ia duduk sebagai wakil rakyat,” katanya.

Karena itu, lanjut Cuking, saat rese dirinya berusaha memberi pemahaman politik agar masyarakat tahu dan bisa menentukan sikap atau dukungan politiknya.

“Coba contoh desa-desa di Jawa tengah, seperti Solo misalnya, desa-desanya itu maju lantaran apa, karena pemahaman politiknya tinggi,” tegasnya.

BACA JUGA:  48 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Garut

Cuking menambahkan, saat pemahaman terhadap politik tinggi, maka masyarakat bisa satu suara mengusung calon yang amanah dan menguntungkan rakyat.

“Mereka tidak tergiur dengan politik uang, mereka itu lebih cenderung berpikir bagaimana membangun daerah untuk masa depan rakyat itu sendiri. Terus terang saja saya sangat ingin ada satu desa saja di Banjarsari yang bisa meniru hal seperti itu,” tandasnya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)