Beranda Berita Nasional Polisi dan BPBD Evakuasi Bayi dan Lansia Korban Banjir di Kota Banjar

Polisi dan BPBD Evakuasi Bayi dan Lansia Korban Banjir di Kota Banjar

Polisi-dan-BPBD-Evakuasi-Bayi-dan-Lansia-Korban-Banjir-di-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Polres Banjar, Polda Jawa Barat, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, melakukan evakuasi sejumlah warga korban terdampak banjir di Kota Banjar. Banjir yang terjadi di Dusun Karangsari, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Rabu (26/10/2022) itu akibat luapan sungai Ciseel.

Petugas dari kepolisian dan BPBD tersebut mengevakuasi sejumlah warga terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet. Bahkan termasuk lansia dan seorang bayi juga ikut dievakuasi.

Polres Terjunkan Personel Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kota Banjar

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo mengatakan, pihaknya menerjunkan sejumlah personel kepolisian untuk membantu BPBD melakukan proses evakuasi warga, yang rumahnya terdampak banjir luapan air sungai Ciseel.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Desa

Saat meninjau lokasi banjir, terdapat bayi dan ibunya serta lansia yang hendak meninggalkan rumahnya. Pasalnya, rumahnya tersebut sudah tidak bisa lagi mereka gunakan untuk beraktivitas.

“Kami bersama BPBD terjun langsung membantu evakuasi warga, terutama bayi dan lansia dengan menggunakan perahu karet. Mereka kita pindahkan ke lokasi yang lebih aman,” kata AKBP Bayu Catur Prabowo, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Banjir di Tasikmalaya Rendam Ratusan Rumah, 200 Orang Mengungsi

Lanjutnya menyebutkan, selain membantu melakukan proses evakuasi, Polres Kota Banjar juga memberikan 20 paket bantuan sosial. Bantuan tersebut pihaknya berikan kepada warga korban terdampak banjir luapan air sungai Ciseel Kota Banjar.

BACA JUGA:  Kiswah Ka'bah Diganti Pada Tahun Baru Islam

Pihak kepolisian, kata AKBP Catur Prabowo, saat ini telah menyiapkan para personel yang akan diterjunkan ke lapangan, untuk membantu warga ketika terjadi musibah bencana alam.

“Kami sudah persiapkan personel yang akan terjun ke lapangan ketika terjadi bencana alam. Terutama menghadapi situasi musim penghujan sekarang ini,” katanya.

Bantuan Logistik dari Dinas Sosial P3A Kota Banjar

Selain dari Polres Kota Banjar, bantuan untuk korban banjir juga datang dari Dinas Sosial P3A Kota Banjar.

Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar, Suryamah, melalui Kabid Perlindungan Sosial, Hani Supartini mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan distribusi bantuan sosial berupa paket sembako.

BACA JUGA:  Tidak Layak Huni, Warga Kota Banjar Ini Akhirnya dapat Bantuan Bedah Rumah

Bantuan sosial berupa paket sembako tersebut didistribusikan kepada warga terdampak bencana banjir. Yaitu yang ada di Dusun Karangsari Desa Batulawang, Pulomajeti dan dan warga terdampak banjir di Desa Mekarharja.

Baca Juga: Rumah Terendam Banjir, Puluhan Warga Batulawang Kota Banjar Diungsikan

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan menyiapkan tenda darurat antisipasi banjir susulan di lokasi terdampak banjir luapan sungai di Pulomajeti.

“Sudah kami siapkan bantuan paket sembako untuk warga korban terdampak banjir di Kota Banjar. Sekarang ini juga tengah kita lakukan penyaluran bantuan ke lokasi banjir Batulawang,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)