Beranda Berita Subang PNM Resmikan Program Pelatihan UMKM Klasterisasi Teritorial di Subang

PNM Resmikan Program Pelatihan UMKM Klasterisasi Teritorial di Subang

IMG-20211023-WA0033.jpg

KOTASUBANG.com, Subang – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) membuka dan meresmikan program pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi teritorial dengan tema “Pembuatan Rengginang Aneka Rasa, Kemasan Produk dan Pemasaran” pada hari ini, 21 Oktober 2021 di Desa Ciruluk, Kabupaten Subang. Kegiatan ini secara simbolis dibuka oleh Dede Dehmawan, selaku Kepala Desa Ciruluk. Kegiatan ini dihadiri oleh BABINSA Desa Ciruluk Bapak Sukino. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Dian Herdiana selaku Konsultan Bidang Pembiayaan UMKM PLUT Kab. Subang, Sandi Hallymansyah selaku Konsultan Bidang Produksi UMKM PLUT Kab. Subang dan Ani Rukmini selaku nasabah inspiratif PNM ULaMM Kalijati.

BACA JUGA:  Ada Donat Seenak Ini di Subang, Rasa Bintang Lima Harga Bersahabat

Secara berkelanjutan, PNM membuka pelatihan sektoral dan teritorial melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) untuk nasabah PNM. Hal ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan insan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar Subang, khususnya rengginang. Dengan protokol ketat, 20 nasabah PNM Mekaar Subang yang hadir mengaku bersyukur adanya motivasi dan pelatihan usaha yang diberikan PT PNM. Pelatihan hari ini meliputi praktek pembuatan rengginang aneka rasa, praktek pembuatan packaging atau kemasan produk dan praktek pembuatan akun marketplace untuk pemasaran online. Pelatihan rutin ini diharapkan menambah semangat dan wawasan lain mengenai kewirausahaan.

BACA JUGA:  Ketika Bu Cinta Jatuh Cinta dengan Kampus Dahana

Kepala Desa Ciruluk Dede Dehmawan dalam sambutannya mengungkapkan apresisasinya atas digelarnya acara tersebut.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh PNM ini sesuai dengan Visi Misi Desa Ciruluk yaitu Ciruluk CEKASS (cerdas, empati, kuat akhlak sehat dan sejahtera),” ujarnya.

Sebagai informasi, hingga 18 Oktober 2021 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 94,1 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 10,8 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5.006 Kecamatan.