Beranda Berita Subang PNM Cabang Subang Resmikan Program Pelatihan UMKM Klasterisasi Sektoral di Haurgeulis-Indramayu

PNM Cabang Subang Resmikan Program Pelatihan UMKM Klasterisasi Sektoral di Haurgeulis-Indramayu

IMG-20211027-WA0020.jpg

KOTASUBANG.com, Subang – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Subang bekerja sama dengan PT Radar Argo Wangi dan PT Surya Duta Greenindo membuka dan meresmikan program pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi sektoral dengan tema “Ekspansi Usaha Budidaya Tanaman Serai Wangi” Selasa, 26 Oktober 2021 di Desa Sukajati, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini secara simbolis dibuka oleh Mukti Subarnas selaku Pemimpin Cabang PNM Subang dan didampingi oleh Perwakilan dari Kecamatan Haurgeulis Drs. Rahmat Sudarsono dan perwakilan dari Koramil Peltu Wawan Hermawan

Kegiatan ini dihadiri oleh Brigjen Bambang Supardi selaku Komisaris PT Radar Argo Wangi, Suryadi selaku pemilik PT Surya Duta Greenindo, Pandu Wilandara selaku Direktur Utama PT Radar Argo Wangi, Drs. Rahmat Sudarsono selaku Sekretaris Camat Haurgeulis, Peltu Wawan Hermawan selaku BABINSA Desa Sukajati – Haurgeulis, dan Karta selaku Kepala Desa Sukajati. Pandu Wilandara, Totok Yoedhassetyo dan Edriansyah menjadi pembicara dalam pelatihan ini.

BACA JUGA:  Sukses Kibarkan Merah Putih pada Upacara HUT RI ke-76, Inilah Anggota Paskibraka Kabupaten Subang

Secara berkelanjutan, PNM membuka pelatihan sektoral dan teritorial melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) untuk nasabah PNM. Hal ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan insan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM ULaMM Indramayu, khususnya sereh wangi.

BACA JUGA:  Kelas Kolaboratif Komite Ekraf Subang Bahas Pertunjukan di Masa Pandemi

Dengan protokol ketat, 39 nasabah PNM ULaMM Haurgeulis dan Patrol yang hadir mengaku bersyukur adanya motivasi dan pelatihan usaha yang diberikan PNM. Pelatihan hari ini meliputi ekspansi usaha budidaya sereh wangi jenis Sitrona Agribun, nilai ekonomis dari sereh wangi, cara menanam sereh wangi dan cara penggunaan pupuk organik dan peluang bonus berulang dari Network Marketing. Pelatihan rutin ini diharapkan selain mengetahui manfaat dan kegunaan minyak sereh wangi dan meningkatkan minat berekspansi usaha ke budidaya sereh wangi, juga menambah semangat dan wawasan lain mengenai kewirausahaan.

BACA JUGA:  Polisi Kembali Panggil Dua Saksi Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 95,16 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 10,8 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5.006 Kecamatan.