Beranda Berita Subang PMI Ajak Warga Bandung Donor Darah fi Bulan Ramadan

PMI Ajak Warga Bandung Donor Darah fi Bulan Ramadan

b37ac6027be87af923a439f4b83fa3fb.jpg

KBRN, Bandung : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung mengajak warga Bandung, untuk melakukan donor darah di bulan Ramadan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok darah.

Selama ini, Kebutuhan donor darah per hari dapat terpenuhi.Namun untuk menyimpan stok empat hari ke depan relatif sulit terpenuhi. 

“Kalau stok darah idealnya harus punya empat hari dari jumlah kebutuhan per hari, kalau empat hari jumlah kebutuhan sehari itu antara 400 idealnya kita punya stok 1.500 sampai 2.000,” ujar Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung Uke Mukti Manah kepada wartawan, Rabu (13/4/2022). 

BACA JUGA:  Bupati Subang Silaturahmi dengan Bumdes Sidajaya dan PT Vietindo Jaya

 “Donor sukarela hanya 70 persen sekarang ada peningkatan, jadi 30 persen dari donor keluarga. Donor keluarga imbauan dari rumah sakit ke keluarga pasien dan kerja sama cukup baik,” ucapnya. 

Uki menuturkan, setiap pasien yang membutuhkan darah ke PMI atau ke rumah sakit disarankan membawa pendonor sebagai donor pengganti atau donor keluarga. Donor keluarga diharapkan memiliki golongan darah yang sama.  

“Kalau keluarga golongan harus sama. Misal minta golongan A carinya A juga, tapi tidak harus seperti itu kita bisa tetap pengganti kalau golongan donor B gak papa donor ke PMI. Nanti kita akan subsidi silang dengan pasien lain,” katanya.

BACA JUGA:  Tak Jauh dari Alun-alun, Inilah Pusat Oleh-oleh Khas Subang Terlengkap dan Terbesar

Dikatakannya, seluruh jenis golongan darah dibutuhkan namun beberapa pekan terakhir permintaan labu darah golongan a sangat banyak. 

Uke mengutarakan, selama bulan puasa Ramadhan pihaknya beroperasi 24 jam sehingga masyarakat dapat datang kapan saja. Selain itu terdapat fasilitas tempat ibadah dan takjil. 

“Kita buka 24 jam setelah buka atau datang sebelum buka karena kita punya fasilitas takjil sama masjid. Selanjutnya akan mengirimkan surat ke TNI unruk melaksanakan donor di PMI Kota Bandung,” paparnya.

BACA JUGA:  Terima Kunjungan Komite II DPD RI, Bupati Subang Kang Jimat Minta Arahan

Uke menambahkan, pihaknya kerja sama dilakukan dengan masyarakat atau komunitas Tionghoa. Ke depan pihaknya juga akan bekerja sama dengan Bio Farma. 

” selama dua tahu pandemi Covid-19 pihaknya kesulitan memperoleh stok darah. Padahal sebelum pandemi stok dapat terpenuhi hingga untuk 10 hari ke depan,” tandasnya.