Beranda Berita Subang Pemdes Cirangkong Bangun Lapangan Bola Voli dan Akan Atasi Masalah Sampah

Pemdes Cirangkong Bangun Lapangan Bola Voli dan Akan Atasi Masalah Sampah

IMG-20210708-WA0028.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Pemerintahan Desa (Pemdes) Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang membeli kendaraan pengangkut sampah dan membangun sarana prasarana olahraga berupa lapangan bola voli.

Kepala Desa Cirangkong, Asep Sutia didampingi Ketua LPM Suratman mengungkapkan, bahwa desanya mendapat dana Bantuan Desa (Bandes).

“Dana tersebut bersumber dari APBD tahun 2021 melalui Poko Pikiran Dewan (Pokpir) sebesar Rp 180 juta,” terang Kades Cirangkong.

Ketua LPM Desa Cirangkong, Suratman selaku Ketua PPK tingkat Desa didampingi Ketua Rukun Warga ( RW) 01 Banjaran Hilir Sukmana menambahkan, bahwa Desa Cirangkong mendapatkan anggaran Bandes ditahun 2021 ini sebesar Rp 180 juta.

BACA JUGA:  Anjangsana, Kapolres Subang Berikan Bantuan untuk Balita yang Derita Infeksi Paru dan Gizi Buruk

“Dana tersebut bersumber dari Pokok- pokok Pikiran dari Wakil Ketua DPRD Fraksi Gerindra H. Aceng Kudus sebesar Rp.50 juta. Sedangkan yang Rp 130 juta merupakan Bandes yang diusulkan Desa ke Pak sekda H. Aminudin untuk pe.belian kendaraan untuk pengakut sampah,” katanya..

Saat ini pembangunan atau pelebaran Lapangan Bola Voly di RW.01 dengan panjang 20 meter lebar 27 m, bagian bawah dilatar tembok,juga sekelilingnya di benteng tembok dan akan dipasang rangka besi untuk jaring pengaman bola .

BACA JUGA:  Porkab 2021, Perolehan Medali Cabang Taekwondo Merata

Ditambahkan Suratman, uang yang sebesar Rp.130 juta itu akan dibelikan dua buah Kendaraan bak terbuka untuk sarana pengangkut sampah.

Karena di desa Cirangkong sampah masih jadi permasalahan, untuk itu LPM bersama Kepala Desa Cirangkong, mengatasi masalah sampah akan ditangani oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES) tentunya dari sampah harus menjadi uang bagi masukan ke BUMDES.

BACA JUGA:  Eks-TPA Panembong Ditanami 1000 Pohon

BUMDES ini akan melibatkan Karang taruna desa Cirangkong khusus mengatasi masalah sampah, sebelum sampah di buang ke TPA, akan di Pilah terlebih dahulu oleh Karang Taruna.

Diantaranya sampah yang bisa dijadikan pupuk organik akan dipisah untuk dibuatkan pupuk organik. “Juga sampah yang bisa didaur ulang akan dipusah untuk dijual , sisanya sampah yang akan di buang ke TPA,” pungkasnya.