Beranda Berita Subang Pemda Subang Gelar Penanaman Pohon Asem di Ranggawulung

Pemda Subang Gelar Penanaman Pohon Asem di Ranggawulung

Pemda Subang Gelar Penanaman Pohon Asem di Ranggawulung

Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada 28 November lalu diperingati oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Lingkungan Hidup pada Kamis, (30/11) di Hutan Ranggawulung dengan menanam sejumlah pohon asem.

Mewakili Bupati Subang H. Ruhimat, giat dibuka oleh H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si yang diawali apel dengan peserta dari unsur Forkopimda, para Kepala OPD camat, UPTD Kehutanan Jawa Barat, anak-anak pramuka dan sejumlah perusahaan yang masing-masing memiliki spot tersendiri untuk menanam pohon di hutan seluas 14 hektar tersebut.

Harry Rubiyanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang sekaligus ketua pelaksana menyampaikan filosofi menanam pohon asem sesuai arahan Bupati Subang H. Ruhimat. Dijelaskan, bahwa asem, berasal dari bahasa Jawa berarti Neng Sem alias menyenangkan. Asem sendiri identik dengan masa muda yang menyenangkan dan dipercaya bisa menolak bala juga meningkatkan kekuatan.

“Harapannya setiap OPD menanam minimal 100 pohon, cari daerah tandus. Kami telah menyiapkan pohon disponsori oleh berbagai pihak. Tinggal berkoordinasi saja dengan kami. Tiap pohon yg ditanam jadi sedekah jariah bagi kita,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan juga digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. 

Senada dengan hal tersebut, Bupati Subang melalui Sekretaris Daerah mengapresiasi setinggi-tingginya segala bentuk penghijauan di Kabupaten Subang. 

“Menanam pohon juga merupakan bentuk kebaikan yang diganjar pahala sedekah terus-menerus sepanjang masa selama pohon tersebut terus tumbuh dan bermanfaat untuk lingkungan alam,” tambahnya. 

Terlebih, perkembangan yang membuat manusia harus menyesuaikan dengan alam salah satunya terus menggalakan kegiatan menanam pohon. 

Tak hanya di Ranggawulung, Harry Rubiyanto menyebutkan kedepannya akan dilakukan penanaman pohon kembali di Alun-alun pada 14 Desember bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Subang di Alun-alun Taman Benteng Pancasila. Sebelumnya pun bergotong royong dengan para kepala OPD membersihkan Hutan Ranggawulung.

Kini, agenda diisi pula dengan penyerahan sertifikat kepada para insan dan perusahaan yang berkontribusi pada lingkungan hidup. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Asisten Administrasi Umum, Muspida, anggota DPRD Subang, PT Dahana, Pertamina Ep, KSOP Patomban dan Astra.***(FA/Radio Benpas Subang)