Beranda Berita Nasional Pasir Aul di Cikupa Dicanangkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Banjaranyar Ciamis

Pasir Aul di Cikupa Dicanangkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Banjaranyar Ciamis

Wisata-di-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Pasir Aul di Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, merupakan daerah perbukitan dengan luas sekitar 11 hektar. Memiliki panorama alam yang indah, Pasir Aul dicanangkan akan menjadi destinasi wisata unggulan di Banjaranyar.

Emen, salah seorang warga setempat mengatakan, saat ini Pasir Aul sedang dalam proses pembangunan oleh pihak pengambang atau swasta,

“Pasir Aul sedang dalam proses pengerjaan yang targetnya akan rampung dalam kurun waktu sekitar 1,5 tahun kedepan,” katanya kepada harapanrakyat.com, Selasa (27/12/2022).

Kendati masih dalam tahap penataan, kata Emen, namun saat ini sudah mulai banyak warga yang datang. Mereka penasaran untuk menikmati indahnya panorama Pasir Aul di Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:  Sultan Subang Mundur dari Jabatan Kunci di BEBS, IPPE, ZATA

Nama Bukit Pasir Aul ini nantinya akan berubah menjadi Aul Hill. Selain memiliki panorama alam yang indah, Pasir Uul juga terdapat banyak gua alam yang masih utuh.

“Goa-goa yang ada di Pasir Aul ini memiliki banyak stalaktit sangat indah. Sehingga nantinya stalaktit tersebut akan dijadikan theater permainan cahaya atau lighting,” terang Emen.

Baca Juga: Pasir Heunceut Akan Jadi Agrowisata, Ini Kata Dispar Ciamis 

Selain itu, lanjutnya, Pasir Aul di Cikupa ini juga nantinya akan berdiri berbagai macam wahana permainan. Seperti bukit kolam renang, bukit pasar layang (tempat kuliner, stand UMKM dan restoran), camping area, serta villa dan bungalow.

BACA JUGA:  Review Infinix Note 40 Pro, HP Gaming Murah Tapi Monster

Menurut Emen, semua itu sebagai penunjang daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pasir Aul di Cikupa, Kecamatan Banjaranyar.

Wisata Pasir Aul di Cikupa Diharapkan Dongkrak Ekonomi Warga

Sementara itu, Kepala Desa Cikupa Endi Supendi mengatakan, dengan dibangunnya Pasir Aul sebagai destinasi wisata, pihaknya berharap Aul Hill bisa mendongkrak perekonomian warga desanya.

“Harapan saya, pembangunan destinasi wisata Aul Hill nantinya pihak pengambang juga bisa menggaet warga sekitar. Mereka bisa memiliki peran serta dan terlibat di dalamnya,” katanya.

Hal itu agar perputaran uang di Aul Hill dapat mengangkat perekonomian para pelaku UMKM. Serta pelaku ekonomi kreatif warga Cikupa dan sekitarnya.

BACA JUGA:  Tornado Intai Indonesia, Ini Bedanya dengan Puting Beliung

Lanjut Endi, pihaknya pun berharap adanya Pasir Aul di Cikupa juga nantinya bisa menjadi pemikat wisatawan datang ke area wisata lainnya di Cikupa. Serta dapat meningkatkan sumber PADes.

Desa Cikupa ini banyak sekali destinasi wisata yang bisa wisatawan nikmati. Seperti adanya  pemandian air panas, Curug Panganten, Gua Wayang, Gua Biuk, dan lainnya.

“Jadi, dengan pembangunan destinasi Pasir Aul atau Aul Hill nantinya bisa berdampak positif terhadap PAD desa kami,” pungkas Endi. (Suherman/R3/HR-Online/Editor-Eva)