Beranda Wisata Wisata Subang Pantai Pondok Bali, Objek Wisata Bahari yang Populer di Subang

Pantai Pondok Bali, Objek Wisata Bahari yang Populer di Subang

Pantai-Pondok-Bali.jpg

Pantai Pondok Bali salah satu objek wisata pantai yang cukup populer di Legonkulon, Subang. Destinasi wisata bahari ini mempunyai asal usul nama yang unik, hingga pemandangan spektakuler yang wajib disaksikan secara langsung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mayangan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang, Jawa Barat.

Sebagian besar orang menyenangi berwisata di pantai. Hal ini tentu tidak mengherankan, karena berwisata di alam seperti pantai tidak dapat dilakukan setiap hari bagi masyarakat yang tinggal di kota padat penduduk. Salah satu lokasi pantai dengan pemandangan apik yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Pondok Bali, yang letaknya ada di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Asal Usul Nama Pantai Pondok Bali

Asal Usul Pantai Pondok Bali
Image Credit: Google Maps (Karel Lascano Sembiring)

Nama destinasi wisata bahari satu ini memang boleh saja Pantai Pondok Bali, yang mana terkesan memiliki unsur pulau dewata yang kerap kali menjadi wisata tujuan bagi banyak orang. Kendati demikian, nyatanya pantai eksotis tersebut tidak terdapat di Pulau Bali, melainkan berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Bagi masyarakat luar, mungkin heran kenapa pantai indah satu ini memiliki nama dengan unsur Pulau Bali padahal tidak terletak di pulau tersebut. Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat sekitar sendiri, nama Pondok Bali tersebut memiliki asal usul yang unik. Yang mana dulunya daerah ini merupakan tempat para wali saat melakukan musyawarah sekaligus berdakwah.

Tempat yang dijadikan para wali berkumpul menyebarkan ajaran agama Islam tersebut bahkan dulunya dipercaya memiliki sumur air tawar. Sumur ini dibuat sendiri oleh para wali yang tinggal di sana untuk berwudhu. Cerita terdengar sangat menarik bagi masyarakat, lantaran air di daerah ini umumnya adalah air payau.

Dari sanalah kemudian daerah ini diberi julukan Pondok Bali. Pondok artinya adalah tempat tinggal, sementara Bali dapat diartikan sebagai selewengan kata dari wali yang huruf awalnya diubah menjadi B. Dengan kata lain pondok ini adalah rumahnya para wali. Cerita asal usul nama pantai cantik ini hingga kini masih dilestarikan kepada generasi penerus.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Subang yang Paling Terkenal

Daya Tarik Wisata Pantai Pondok Bali

Daya Tarik Pantai Pondok Bali
Image Credit: Twitter.com @farizandihadip

Tidak hanya namanya saja yang unik dan membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata bahari satu ini. Namun keindahan dari Pantai Pondok Bali memang begitu rupawan dan berhasil memikat siapapun yang menyaksikannya secara langsung. Bahkan pada sekitar tahun 80 hingga 90 an, pantai ini dijadikan sebagai primadona objek wisata di Subang.

Setiap libur akhir pekan, rasanya pantai ini tidak pernah sepi dan selalu dibanjiri oleh para pengunjung baik masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar daerah untuk melihat keindahannya. Tentunya tidak hanya hari libur saja, pantai yang ada di Subang ini bahkan tidak pernah terlihat sepi pada hari hari biasa.

Beberapa tahun setelah itu, keindahan pantai ini memang sempat lunturan lantaran terjadi abrasi pantai. Para wisatawan yang berkunjung pun semakin sedikit. Namun belakangan Pantai Pondok Bali kembali santer terdengar di kalangan wisatawan. Pasalnya keindahan pantai tersebut sebenarnya memang tidak pernah hilang.

Sebab tidak semua bagian keindahan pantai terkikis oleh abrasi. Tidak heran jika objek wisata tersebut kembali bangkit dan berhasil menarik minat para wisatawan untuk berdatangan. Sehingga Anda yang sedang berkunjung ke Jawa Barat atau sedang singgah di daerah Subang tidak boleh ketinggalan untuk mampir ke sini.

Selain itu, abrasi beberapa kali yang terjadi pada pantai tidak membuat para wisatawan benar benar kehilangan kesempatan untuk bermain air di sini. Karena di sana masih terdapat sebagian tempat yang arus lautnya cukup tenang dengan hamparan pasir pantai yang landai, sehingga tergolong cukup aman untuk bermain air.

Daya Tarik Pondok Bali
Image Credit: Google Maps (Rio Anggara)

Kendati demikian, Anda juga harus selalu berhati hati saat bermain air di sini terutama ketika membawa anak kecil atau saat pasang surut air tidak menentu lantaran cuaca yang tidak bersahabat. Jika saat musim penghujan Anda berkunjung ke sini, sebaiknya nikmati keindahan pantai dari jarak yang aman.

Tidak perlu khawatir bosan hanya karena tak bisa bersentuhan dengan air, karena pemandangan indah yang disuguhkan Pantai Pondok Bali dijamin mampu memanjakan mata. Terlebih di sepanjang pantai terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan ringan hingga makanan berat seperti ikan bakar.

Sehingga Anda bisa menikmati ikan bakar ditemani es kelapa muda yang segar sembari menikmati keindahan pantai dari pinggir. Menu ikan bakar yang menjadi favorit wisatawan di sini yaitu ikan etong bakar yang begitu khas. Tentunya tidak hanya ikan bakar, Anda juga bisa memesan berbagai olahan seafood lain sesuai selera dan keinginan.

BACA JUGA:  Curug Cileat, Air Terjun Tertinggi yang Indah di Subang

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Wisata Pondok Bali

Alamat Pondok Bali
Image Credit: Google Maps (Dfs 45)

Pantai cantik ini berlokasi di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Anda bisa menuju lokasi dengan berkendara selama kurang lebih 40 menit dari pusat kota menuju ke arah utama. Sementara itu, jika Anda berkendara dari Kota Bandung akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Apabila Anda dari ibu kota Jakarta, maka harus melewati tol Cikopo terlebih dahulu dan masuk jalur Pantura. Dari jalur ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk tiba di lokasi wisata. Dan jika dari arah Pamanukan maka akan lebih cepat lagi, karena hanya berjarak kurang lebih 15 menit perjalanan saja dari Pantai Pondok Bali.

Sama halnya dengan objek wisata pantai lainnya yang umumnya dibanderol dengan harga tiket murah meriah. Wisata pantai ini tergolong destinasi murah meriah yang sangat ramah di kantong. Anda hanya membutuhkan uang sebesar kurang lebih Rp. 15.000 saja per orangnya untuk memasuki area wisata.

Tarif tersebut belum termasuk dengan kontribusi parkir, yang mana biayanya sekitar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Pun dengan makanan dan minuman hingga berbagai fasilitas yang tersedia di sini belum termasuk ke dalam harga tiket masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena semuanya tergolong cukup terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pondok Bali

Aktivitas di Pantai Pondok Bali
Image Credit: Instagram.com @subangstory

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Mengagumi keindahan pantai merupakan salah satu kegiatan menarik yang biasa dilakukan oleh para pengunjung di sini. Bahkan saat ombak laut cukup besar, justru menjadi pemandangan apik untuk disaksikan. Tentunya dengan jarak yang aman, Anda akan sangat menikmati melihat keindahan pantai ditemani angin sepoi sepoi yang berhembus di sekitar.

Terlebih saat Anda berkunjung pada sore hari, maka pemandangannya yang disajikan akan lebih spektakuler. Karena pemandangan sunset di sini benar benar begitu menakjubkan. Suasana eksotis akan terlihat memanjakan mata dari pantulan sinar jingga yang semburat di jernihnya biru air laut. Menghitung detik detik tenggelamnya matahari tentu akan sangat menyenangkan.

2. Bermain Air

Seperti yang telah disinggung, meski Pantai Pondok Bali pernah mengalami abrasi, namun tidak semua bagian pantai terkikis habis. Bahkan ada pula bagian yang arus lautnya cukup tenang dengan hamparan pasir pantai yang landai. Anda pun bisa mengambil tempat di area ini untuk bermain air dengan aman.

BACA JUGA:  5 Wisata Pantai di Subang Paling Hits Buat Liburan

3. Memancing

Dalam kawasan pantai, Anda bisa menemukan batu pemecah ombak yang mana banyak para wisatawan memanfaatkannya sebagai tempat untuk memancing. Anda yang memiliki hobi memancing tentu tidak boleh ketinggalan untuk merasakan sensasi ini. Jadi jangan lupa untuk membawa alat pancing saat berkunjung ke pantai di Subang tersebut.

Aktivitas Pantai Pondok Bali
Image Credit: Google Maps (Kholifatul Marhamah)

4. Hunting Foto

Bebatuan pemecah ombak tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai spot memancing saja. Sebab banyak pula mereka yang hobi fotografi menggunakan area ini untuk berburu foto. Nyatanya, foto di atas bebatuan pemecah ombak dengan latar belakang lautan lepas memang terlihat begitu ciamik. Sangat cocok untuk diunggah dan dibagikan ke lini masa sosial media Anda.

Bahkan tidak hanya bagian bebatuan pemecah ombak itu saja yang menjadi spot foto instagramable. Pantai Pondok Bali masih memiliki beberapa spot lainnya yang apik sebagai tempat hunting foto. Misalnya Anda bisa berfoto menggunakan perahu dengan background hamparan pantai yang membentang luas, hingga menara pantai yang begitu bagus terlihat dari bidikan lensa kamera.

5. Wisata Kuliner

Di pinggir pantai, Anda bisa menemukan cukup banyak pedagang yang menjajakan makanan ringan hingga makanan berat dan minuman. Anda yang menyukai wisata kuliner khususnya seafood pasti akan begitu dimanjakan di sini. Jangan lupa untuk mencicipi ikan etong bakar ditambah es kelapa muda, yang mana menjadi kuliner favorit bagi banyak wisatawan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Pondok Bali

Fasilitas Pantai Pondok Bali
Image Credit: Google Maps (Andri Gunawan)

Meski sempat mengalami abrasi, Pantai Pondok Bali tetap berhasil kembali memikat para wisatawan karena pengelolaannya yang tergolong apik. Fasilitas yang tersedia di sini terbilang cukup mumpuni dan dapat mencukupi berbagai kebutuhan wisata. Mulai dari area parkir yang luas, rumah makan, warung wisata dengan banyak pernak pernik oleh oleh, toilet, hingga mushola.

Sangat menarik bukan objek wisata bahari satu ini ? Tentu Anda tidak boleh lupa untuk memasukkan nama Pantai Pondok Bali ke daftar kunjungan saat berlibur di Jawa Barat. Semua keindahan hingga fasilitas lengkap yang ada di kawasan pantai ini siap membuat pengalaman liburan Anda semakin mengesankan.