Beranda Teknologi Panduan Ulasan Garmin Venu 3

Panduan Ulasan Garmin Venu 3

Screenshot_2023-11-10-09-04-46-445_com.google.android.apps_.docs_.editors.docs_copy_640x305.jpg

review1st.com – Garmin Venu 3 dan Venu 3S hadir sebagai smartwatch yang dirancang untuk lebih mengerti penggunanya. Dibuat khusus dengan fitur kesehatan dan kebugaran canggih, keduanya menawarkan kemampuan lebih dari sekadar smartwatch. Baik Venu 3 maupun Venu 3S akan mendampingi pengguna dalam perjalanan self discovery mereka.

Memantau tubuh Anda, bahkan saat Anda tidur. Tidak hanya menghitung durasi tidur, Venu 3 dan Venu 3S juga dapat mengetahui kualitas tidur Anda dan berapa banyak tidur yang masih Anda perlukan sambil mencari tahu apa yang menguras dan mengisi energi tubuh Anda.

Panduan Ulasan Garmin Venu 3

Dilengkapi dengan 30+ aplikasi olahraga, latihan animasi, dan Garmin Coach, Anda bisa berlatih dengan terarah dan efektif. Descriptive training effect memungkinkan Anda mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai efek dari olahraga yang Anda lakukan.

Built-in speaker dan mikrofon memungkinkan Anda dapat menerima dan melakukan panggilan langsung dari pergelangan tangan. Semakin memudahkan, pengguna dapat langsung melakukan panggilan dengan cara memasukkan nomor melalui dial pad yang muncul di layar smartwatch. 

Hadir sebagai smartwatch untuk setiap orang, Venu 3 dan Venu 3S dibuat sesuai dengan cara Anda bergerak. Venu 3 dan Venu 3S juga dapat melacak gerakan dan menawarkan latihan bawaan yang dirancang untuk pengguna kursi roda. 

Nikmati masa pakai yang tahan lama dengan daya tahan baterai hingga 14 hari dalam mode smartwatch. Tersedia dalam dua ukuran, 41mm untuk Venu 3S dan 45mm untuk Venu 3, keduanya mampu menemani berbagai aktivitas Anda sehari-hari dan memberikan gambaran kesehatan yang lebih lengkap.

Rekomendasi Aktivitas: Yoga, Pilates, Strength, LIIT, Meditation, Cardio, Bike Indoor, Treadmill.

Slogan: Know The Real You

Product Positioning: Garmin Venu 3 dan Venu 3S hadir sebagai lini produk wellness dari Garmin yang mendorong penggunanya lebih sehat dan aktif baik fisik maupun mental dengan 30+ mode olahraga, panduan latihan, deskripsi pemulihan, hingga kualitas tidur pada kisaran harga menengah. 

Fitur Unggulan
  1. New OHR Sensor, Garmin Elevate Gen 5 yang memiliki lebih banyak green light channel, memungkinkan akurasi sensor yang lebih baik. Sensor OHR Gen 5 ini memiliki 6 titik LED hijau, 2 titik LED orange dan 4 reseptor. Lebih banyak LED dapat menghasilkan lebih banyak titik data yang kemudian dapat divalidasi silang untuk meningkatkan akurasi.
  2. Pantau kualitas tidur Anda dengan lebih baik berkat fitur Sleep HRV dan Sleep Result. Fitur Sleep Coach membantu Anda menemukan cara mendapatkan tidur berkualitas dengan saran yang dipersonalisasi. Dilengkapi juga dengan Nap Detection yang mampu mendeteksi tubuh pengguna saat tertidur dalam durasi singkat (nap).
  3. Pre-loaded workout animation memberikan gambaran pelatihan yang lebih jelas setiap gerakan. Sememtara Muscle Map memberikan gambaran otot mana yang terdampak dengan olahraga Strength yang dilakukan. 
  4. Masa pakai baterai hingga 14 hari dalam mode smartwatch untuk Venu 3 dan 10 hari untuk Venu 3S. 
  5. Fitur pintar seperti menjawab maupun memulai panggilan, melihat gambar yang dikirim melalui WhatsApp (khusus Android), kendali musik melalui jam tangan maupun merespon dengan cepat pesan dan panggilan tak terjawab semuanya dapat dilakukan langsung di jam tangan.
  6. Tersedia 30+ pilihan mode olahraga yang disertai Garmin Coach dan fitur baru descriptive training effect memberikan penjelasan lebih detail dari efek olahraga pada tubuh.

Deskripsi Fitur 

Advanced Sleep Tracking dengan Sleep Coach dan Nap Detection

Jangan hanya puas mengetahui seberapa lama durasi tidur, tetapi ketahui juga bagaimana kualitas tidur yang Anda dapatkan. Venu 3 dan Venu 3S dapat membantu Anda mengetahui kualitas tidur Anda dengan lebih baik. Lacak atau catat tidur siang Anda secara otomatis untuk melihat manfaatnya bagi tubuh Anda serta waktu dan durasi idealnya.

BACA JUGA:  HUAWEI WATCH FIT 3 Resmi Rilis di Indonesia

Dengan bantuan Sleep Coach, dapatkan skor tidur dan pelatihan yang dipersonalisasi untuk mengetahui berapa lama Anda perlu tidur dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Bahkan pantau tahapan tidur dan tidur siang yang berbeda — dan lihat beberapa metrik utama selama periode tidur Anda, seperti status HRV untuk lebih memahami kesehatan Anda.

Saat bangun di pagi hari, Venu 3  dan Venu 3S akan memberikan morning report berisi ringkasan tidur Anda, pemulihan, kalender harian, status HRV dan lainnya. Anda juga dapat menyesuaikan laporan untuk data-data yang ingin Anda lihat.

Venu 3 dan Venu 3S kini sudah mendukung Nap Detection, yang secara otomatis mendeteksi tidur singkat dengan durasi minimal 10 menit dan maksimal 2 jam. Tidur singkat ini akan berpengaruh pada saran pemulihan dan Body Battery.

Meditasi dengan Suara yang Bikin Rileks Tubuh

Buat tubuh Anda lebih rileks dengan bantuan fitur meditasi di Venu 3 dan Venu 3S. Fitur ini dapat memberikan panduan untuk melakukan meditasi dan disertai dengan suara serta yang membuat Anda lebih tenang, seperti suara ombak dan rintik hujan yang menenangkan dan lainnya.

Selama meditasi dilakukan, smartwatch dapat memantau detak jantung, level stres, hingga pernapasan Anda dan memberikan gambaran mengenai tubuh Anda.

Pre-Loaded Animated Workout

Garmin telah menyertakan animated workout yang bisa membantu dan memudahkan Anda berolahraga. Tersedia beragam opsi olahraga pada animated workout seperti Yoga, Pilates, Cardio, hingga Strength. Fitur ini juga tersedia untuk pengguna kursi roda.

BACA JUGA:  Cara Translate Aksara Sunda via Aplikasi atau Situs Terbaik

Bagi pengguna yang rutin melakukan HIIT, Pilates dan Cardio, manfaatkan fitur Muscle Maps untuk mendeteksi dan memetakan otot bagian mana saja yang dilatih selama pengguna melakukan strength training. Setelah dipantau melalui smartwatch, pengguna akan mendapatkan gambaran lebih jelas otot bagian mana saja yang mendapat efek pelatihan melalui aplikasi Garmin Connect yang terinstal di smartphone.

Semua fitur tersebut ditampilkan melalui layar AMOLED yang cerah dan kaya warna. Venu 3 menggunakan panel AMOLED 1.4 inci, bagian bezel yang dibuat dari material stainless steel dan material fiber yang diperkuat polimer pada case-nya, membuatnya lebih ringan dengan berat hanya 47 gram. Tak jauh berbeda, Venu 3S juga memiliki layar AMOLED dengan ukuran 1,2 inci dan berbobot 40 gram. 

30+ Sports Mode dan Didukung Descriptive Training Effect

Lacak semua cara Anda bergerak dengan 30+ olahraga yang sudah dimuat, termasuk berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Venu 3 dilengkapi dengan animated on-screen workout yang memberikan panduan olahraga lebih jelas untuk strength training, HIIT, yoga dan lainnya. Tersedia juga Garmin Coach untuk pengguna yang ingin mendapatkan menu latihan lari 5K, 10K hingga half marathon dari expert coaches.

Cek juga fitur Recovery Time yang memberitahu Anda kapan tubuh akan siap untuk kembali memulai olahraga intens. Selain dapat menghitung intensitas latihan, fitur ini juga dapat menghitung faktor lainnya seperti stres, tidur dan aktivitas sehari-hari. 

Sebelumnya pada seri High Performance Watch, Training Effect hanya diperlihatkan dalam bentuk angka dan ditujukan kepada pengguna yang lebih advanced, Venu 3 kini hadir dengan Descriptive Training Effect yang lebih ramah bagi semua segmen pengguna. 

Descriptive Training Effect memberikan penjelasan dari efek olahraga secara lebih jelas dan terperinci dalam bentuk teks deskripsi. Dengan ini hasil olahraga yang dipantau smartwatch disajikan lebih jelas dan dapat dipahami dengan lebih mudah oleh pengguna.

Built-in Speaker dan Mikrofon

Saat terintegrasi dengan smartphone yang kompatibel, Anda bisa melakukan dan menerima panggilan telepon langsung dari smartwatch. Suara panggilan telepon akan keluar langsung dari speaker yang tersemat di Venu 3.

Ketika melakukan panggilan telepon, Anda bisa memilih melalui kontak yang tersimpan (maksimal 5 nomor), atau menekan nomornya langsung melalui dial pad yang muncul di layar smartwatch.

Cara melakukan panggilan dari smartwatch
  1. Tekan simbol Huruf A (tombol kanan atas).
  2. Pilih Aplikasi > Telepon.
  3. Pilih salah satu opsi:
  • Untuk memanggil nomor telepon menggunakan Dial Pad, pilih icon Dial Pad, masukkan nomor telepon, lalu pilih simbol panggilan telepon.
  • Untuk memanggil nomor telepon dari kontak Anda, pilih simbol Kontak, pilih nama kontak, dan pilih nomor telepon (cara menambahkan kontak).
  • Untuk melihat panggilan terakhir yang dibuat atau diterima di jam tangan, lakukan swipe ke atas.
BACA JUGA:  OPPO A60: Smartphone Tahan Benturan dengan Desain Premium dan Fitur Unggulan

*Jam tangan tidak disinkronkan dengan daftar panggilan terakhir di ponsel Anda.

Wheelchair Mode

Mode Kursi Roda akan menganalisis dorongan dan memberikan aktivitas yang sesuai, seperti Push-Run Speed dan Pus.h-Walk Speed. Lacak dorongan harian Anda, plus dapatkan peringatan perubahan berat badan, aplikasi olahraga dan latihan untuk pengguna kursi roda dan banyak lagi. 

Baterai dengan Daya Tahan Lama

Venu 3 dan Venu 3S menawarkan masa pakai baterai dengan daya tahan lama. Membuat pengguna tidak akan khawatir smartwatch akan cepat kehabisan daya.

Venu 3

  • Smartwatch mode: hingga 14 days (5 hari display always-on)
  • Battery Saver Smartwatch mode: hingga 26 hari
  • GPS-Only GNSS mode: hingga 26 jam
  • All-Systems GNSS mode: hingga 20 jam
  • All-Systems GNSS mode with music: hingga 11 jam

Venu 3S

  • Smartwatch mode: hingga 10 hari (5 hari display always-on)
  • Battery Saver Smartwatch mode: hingga 20 hari
  • GPS-Only GNSS mode: hingga 21 jam
  • All-Systems GNSS mode: hingga 15 jam
  • All-Systems GNSS mode with music: hingga 8 jam

Fitur Cerdas: Picture Overview (Khusus Android)

Venu 3 kini memungkinkan pengguna untuk melihat langsung gambar yang dikirimkan melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp di layar smartwatch. Fitur ini memudahkan pengguna melihat isi pesan dalam bentuk gambar, tanpa perlu membuka smartphone terlebih dahulu.

Selain itu, ukuran font yang ditampilkan di layar kini juga dibuat menjadi lebih besar, sehingga meningkatkan visibilitas pengguna untuk membaca instruksi, pesan atau notifikasi yang muncul di layar.

vívoactive 5

Selain meluncurkan Venu 3 Series, Garmin juga meluncurkan vívoactive 5 sebagai jam tangan cerdas kesehatan dan kebugaran terlengkap di segmen harga Rp 4 jutaan. Namun berbeda dari Venu 3 Series, seri vívoactive 5 hanya memiliki satu ukuran, yakni 41mm.

Perbedaan dengan Venu 3 Series, adalah di vívoactive 5 belum tersedia fitur panggilan suara maupun asisten virtual. Material bezel vívoactive 5 juga terbuat dari anodized aluminum dan material fiber yang diperkuat polimer pada case-nya sehingga membuatnya sangat ringan, hanya 36 gram. Berikut tabel spesifikasi antara Venu 3 Series dan vívoactive 5. 

Spesifikasi Garmin Venu 3 dan Venu 3S

Model Venu 3 Venu 3s vívoactive 5
Harga Rp 7,999,000 Rp 7,999,000 Rp 5,349,000
Variasi Warna Whitestone + Passivated, Black + Slate Pebble Gray+Slate, Sage Gray+Passivated, French Gray+Soft Gold, Dust Rose+Soft Gold, Ivory+Soft Gold Black/Slate, Ivory/Cream Gold, Blue/Blue Met, Orchid/Orchid Met, 
Dimensi Rangka 45x45x12mmCocok untuk pergelangan tangan dengan lingkar 135-200mm 41x41x12mmCocok untuk pergelangan tangan dengan lingkar 110-175mm 42.2 x 42.2 x 11.1 mmCocok untuk pergelangan tangan dengan lingkar 125-190mm
Ukuran layar 1.4” 1.2” 1,2” 
Jenis Layar AMOLED AMOLED AMOLED
Ukuran Tali Jam Quick Release 22mm 18mm 20mm
Baterai Smartwatch mode: Up to 14 days (5 days display always-on)Battery Saver Smartwatch mode: Up to 26 daysGPS-Only GNSS mode: Up to 26 hoursAll-Systems GNSS mode: Up to 20 hoursAll-Systems GNSS mode with music: Up to 11 hours Smartwatch mode: Up to 10 days (5 days display always-on)Battery Saver Smartwatch mode: Up to 20 daysGPS-Only GNSS mode: Up to 21 hoursAll-Systems GNSS mode: Up to 15 hoursAll-Systems GNSS mode with music: Up to 8 hours Smartwatch mode: Up to 11 days (5 days display always-on)Battery Saver Smartwatch mode: Up to 21 daysGPS-Only GNSS mode: Up to 21 hoursAll-Systems GNSS mode: Up to 17 hoursAll-Systems GNSS mode with music: Up to 8 hours
Material Bezel Stainless Steel Bezel Stainless Steel Bezel Anodized Aluminium
Berat 47g 40g 36g
Ketahanan Air Renang, 5ATM Renang, 5ATM Renang, 5ATM
Panggilan Suara ? ?
Panggilan Suara/ Menjawab Teks dengan Asisten Suara dari smartphone ? ?
Jet Lag Adviser ? ?
GPS/GLONASS/Galileo ? ? ?
Usia Kebugaran ? ? ?
Denyut Jantung Pergelangan Tangan ? ? ?
Pulse Ox ? ? ?
Pelacakan Stres Sepanjang Hari ? ? ?
Baterai Tubuh ? ? ?
Asupan Oksigen Maksimum (VO2 Max) ? ? ?
Pelacakan Tidur Tingkat Lanjut ? ? ?
Pemantauan Laju Pernapasan ? ? ?
Pemantauan Siklus Menstruasi dan Kehamilan ? ? ?
Menit Intensitas ? ? ?
Peringatan Gerak ? ? ?
Panduan Latihan di Layar ? ? ?
Animasi Latihan ? ?
Pelatih Garmin ? ? ?
Notifikasi Cerdas ? ? ?