Beranda Berita Nasional Motif Batik pada Seragam Porprov Dipakai Tanpa Izin, Ini Kata Disbudpora Ciamis

Motif Batik pada Seragam Porprov Dipakai Tanpa Izin, Ini Kata Disbudpora Ciamis

Motif-Batik-Seragam-Porprov.jpg

harapanrakyat.com,- Dinas Kebudayaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memberi penjelasan terkait motif batik pada seragam Porprov Jabar.

Sebelumnya, salah seorang penggiat budaya Ricky Andriawan Mardjanita mengaku sakit hati lantaran motif batik Cakra yang diciptakannya pada tahun 2016 tiba-tiba dipakai pada seragam Porprov Jabar kontingen Ciamis tanpa izin atau pemberitahuan terlebih dahulu.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, pihaknya tidak sengaja menggunakan desain motif batik milik Ricky.

BACA JUGA:  Hoax Penemuan Mayat Wanita di Banjar Gegerkan Warga, Tersebar Lewat WhatsApp

“Atas nama pribadi dan dinas saya meminta maaf dalam kasus ini. Kami tidak sengaja menggunakan desain Mang Iki (panggilan Ricky),” katanya, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: Waduh, Motif Batik pada Seragam Porprov Atlet Ciamis Dipakai Tanpa Izin Pembuatnya

Menurut Erwan, pihaknya menggunakan motif batik milik Ricky atas dasar semangat mencintai Galuh dan ingin menularkan rasa bangga terhadap Kembang Cakra.

“Semangat mencintai Galuh dan keinginan untuk menularkan rasa bangga dan hormat terhadap Kembang Cakra maka kami memilih desain tersebut untuk dijadikan lambang Galuh pada kontingen Ciamis,” katanya.

BACA JUGA:  Alternatif Destinasi Wisata di Pangandaran, Tak Cuma Pantai

Sementara pada harapanrakyat.com, Erwan mengaku sudah berkomunikasi dengan Ricky dan berencana bertemu.

“Saya sudah komunikasi dengan A Iki (panggilan Ricky). Demi kebanggaan Galuh, saya siap bertemu,” katanya.

Erwan juga mengaku kaget saat dihubungi Ricky yang mempertanyakan motif batik Cakra yang dipakai di seragam Porprov kontingen Ciamis.

“Kita tidak serta merta menggunakan motif batik tersebut. Tapi kita sudah sampaikan permintaan maaf kepada A Iki. Kita juga siap ketemu,” katanya.

BACA JUGA:  Pemanfaatan Platform Digital untuk Eksistensi Kolintang

Erwan menegaskan dirinya terbuka untuk berdialog langsung dalam rangka menyikapi kasus tersebut.

“Saya sampaikan permohonan maaf kepada Mang Iki dan saya terbuka untuk berdialog langsung dengan Mang Iki untuk menyikapi kasus ini, semoga permintaan maaf saya dapat diterima oleh Mang Iki serta semua pihak yang merasa dirugikan dengan masalah ini,” tandasnya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)