Beranda Berita Nasional Misteri Sumur Dalapan di Kota Banjar, Dikelilingi 50 Lubang Mata Air Bebatuan 

Misteri Sumur Dalapan di Kota Banjar, Dikelilingi 50 Lubang Mata Air Bebatuan 

Misteri-Sumur-Dalapan-di-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Kampung Siluman, Kelurahan / Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, tak hanya memiliki kisah mistis Pulomajeti. Namun di lingkungan Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar tersebut juga, terdapat Sumur Dalapan, yang konon menyimpan banyak misteri.

Situs keramat tersebut berada di bawah kaki Gunung Babakan. Sumur ini dikelilingi oleh 50 lubang mata air yang tak pernah mengering.

Juru Kunci Emed Setiawan mengatakan, Sumur Dalapan tersebut sudah terbentuk sejak puluhan tahun yang lalu. Situs tersebut berbentuk bebatuan berlubang memancarkan sumber air. 

Menurutnya, Situs Sumur Dalapan yang ada di Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar terbentuk secara alamiah, bukan buatan manusia.

BACA JUGA:  PNS vs ASN Ternyata Beda, Jangan Keliru Ya!

“Seingat saya tidak ada yang bikin. Saya dari tahun 70-an sudah main ke sini sudah terbentuk secara alamiah,” kata Emed kepada harapanrakyat.com, Sabtu (12/11/2023).

Lanjutnya menjelaskan, asal muasal penyebutan Sumur Delapan berasal dari bentuk lubang batu yang menyerupai angka delapan.

Dari bentuk sumber air yang menyerupai angka 8 tersebut, kemudian menjadi kebiasaan warga menyebutnya dengan Sumur Dalapan. Meskipun menurutnya lebih tepat disebut sumber air bukan sumur.

Baca Juga: Sejarah Situs Dalem Kanduruan di Kota Banjar, Penyebar Islam dari Mataram

BACA JUGA:  PJ Bupati Subang Dampingi PJ Gubernur Jawa Barat Jenguk Korban Bus Terguling

Adapun jumlah sumber air atau sumur berbentuk angka delapan yang terdapat di lokasi situs, yang sudah diketahui sejauh ini yaitu hanya dua sumber mata air.

“Masyarakat sudah biasa menyebut seperti itu. Disebut Sumur Dalapan karena terdapat lubang-lubang bebatuan berbentuk angka 8. Jadi bukan karena sumurnya ada delapan,” terang Emed.

Sumur Dalapan di Kota Banjar Tak Pernah Kering

Sampai sekarang ini meski musim kemarau panjang melanda, namun sumur keramat tersebut masih mampu mengeluarkan sumber mata air.

BACA JUGA:  KPU Purwakarta Umumkan Hasil Penetapan Calon Anggota PPK Terpilih

Bahkan, air yang ada di lokasi Situs biasa warga masyarakat setempat manfaatkan, untuk mandi dan mencuci muka untuk menghilangkan lelah.

Selain itu, sampai saat ini juga banyak tamu dari luar daerah yang mengunjungi Situs Sumur Dalapan yang ada di Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, untuk melakukan ritual dan berdoa.

“Musim kemarau masih mengeluarkan air, karena sumber ini ke bawahnya bisa lebih besar jadi masih keluar airnya. Sampai sekarang masih terdapat warga yang memanfaatkan air itu,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)