Beranda Berita Subang Mengenal Kodim Subang 0605: Profil, Tugas dan Alamat

Mengenal Kodim Subang 0605: Profil, Tugas dan Alamat

suarasubang.com – Dikenal sebagai Komando Distrik Militer (Kodim) 0605/Subang, unit militer ini memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tanggal 1 Juni 1960.

Berdiri sebagai percobaan Kodim, unit ini merupakan bagian dari Divisi Siliwangi yang kembali dari penghijrahan di Jawa Tengah. Dipimpin oleh Letkol D. Affandi, Kodim Purwakarta di Subang menjadi Kodim pertama di daerah Kodam III/Siliwangi.

Alamat dan Pemindahan Kodim

Alamat Kodim 0605/Subang terletak di Jln. Mayjen Sutoyo No. 27, Subang. Sejak awal berdirinya pada tahun 1960 hingga 1979, Kodim ini berkedudukan di Jln Ade Irma Suryani Nasution, yang kini menjadi kantor pemerintah daerah Kabupaten Subang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Keren di Subang 2024, No. 4 Viral

Pada tahun 1980, Kodim pindah ke alamat saat ini, Jln. Mayjen Sutoyo No. 27, Subang.

Struktur Kodim dan Koramil

Kodim 0605/Subang memiliki 12 Koramil yang tersebar di berbagai kecamatan, seperti Koramil 0501/Subang, Koramil 0502/Pagaden, Koramil 0503/Kalijati, dan lainnya.

Setiap Koramil memiliki tanggung jawab wilayah binaan yang mencakup beberapa kecamatan di Kabupaten Subang.

Para Pejabat Dandim

Sejak berdirinya, Kodim 0605/Subang telah dipimpin oleh sejumlah pejabat Dandim. Dari Letkol Inf D. Affandi yang menjadi Dandim pertama pada tahun 1960, hingga Letkol Inf Fikri Ferdian, S.Sos., M.M. yang menjabat saat ini, setiap kepemimpinan memiliki peran penting dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Kodim.

BACA JUGA:  DPRD Subang Kembali Berduka: Legislator Senior PAN H Lutfi Isror Alfarobi Tutup Usia

Alamat Kodim Subang

Untuk informasi lebih lanjut atau komunikasi, Kodim 0605/Subang dapat dihubungi melalui alamat Jln. MT. Haryono No. 27, Kab. Subang, atau melalui nomor telepon +62260411203.

Sebagai bagian integral dari Komando Distrik Militer dalam Kodam III/Siliwangi, Kodim 0605/Subang terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan di wilayahnya.

Menghadapi berbagai dinamika dan tantangan, Kodim ini berperan penting dalam mendukung tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara.

BACA JUGA:  Begini Konsep "Sunda Bergerak" Ala Kades Jalancagak, Subang

Sebagai garda terdepan pertahanan negara, Kodim 0605/Subang tetap konsisten dalam melaksanakan tugasnya.

Melalui sejarahnya yang kaya dan dukungan dari berbagai pihak, Kodim ini terus berkarya untuk melindungi dan melayani masyarakat Kabupaten Subang dengan dedikasi dan integritas yang tinggi.