Beranda Berita Nasional Lomba Merpati Tinggi Bupati Ciamis Cup di Banjarsari Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Lomba Merpati Tinggi Bupati Ciamis Cup di Banjarsari Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Lomba-Merpati.jpg

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Lomba Merpati Tinggi Bupati Cup yang digelar di Lapang Merpati, Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diikuti ratusan joki dan 1.148 ekor merpati dari berbagai daerah.

Total hadiah dalam lomba Merpati Tinggi piala Bupati Ciamis yang berlangsung sejak Jumat-Minggu (16-18/09/2022) itu mencapai Rp 125 juta.

Ketua PMTI (Penggemar Merpati Tinggi Indonesia), Rahmat Fuadi mengatakan, kegiatan lomba burung merpati Bupati Ciamis Cup di Desa Banjarsari berlangsung meriah.

“Alhamdulillah, kegiatan lomba ini sangat meriah sekali, yang mana kepala daerahnya pun memberikan sambutan sangat luar biasa. Bahkan sampai memberikan piala bergilir. Luar biasa dan baru di Ciamis yang kepala daerahnya memberikan support seperti ini,” katanya, Minggu (18/09/2022).

Lanjut Rahmat, penyambutan luar biasa tak hanya dari pemerintah daerah, tapi juga masyarakatnya. Bahkan sampai ada yang memberikan nasi tumpeng atas terselenggaranya Lomba Merpati Tinggi.

BACA JUGA:  Menjelang Pemilu, 35 Parpol Miliki Akses Sipol KPU

Baca Juga : Lomba Proliga, Cetak Bibit Atlet Handal ala SMAN 2 Banjarsari Ciamis

PMTI Akui Lomba Merpati Tinggi di Banjarsari Ciamis Luar Biasa

Sekjen PMTI, Marfinin Martinus mengatakan, ajang lomba merpati tinggi tersebut selalu digelar setiap dua minggu sekali. Lokasinya bergiliran setiap wilayah.

“PMTI selalu menggelar lomba merpati tinggi yang berlangsung setiap dua minggu sekali, dan sekarang giliran di Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Luar biasa pokoknya untuk Banjarsari ini,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, PMTI akan mengadakan lomba akbar dengan total hadiah lebih besar lagi. Untuk lokasinya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Sedangkan untuk hari Minggu depan, PMTI akan melaksanakan lombanya di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Nanti setelah itu ke Tasikmalaya,” terang Martinus.

BACA JUGA:  Banjir Bandang Padang, 15 Desa Terdampak

Baca Juga : Hadiri Milangkala Gong Perdamaian Dunia, Ini Pesan Bupati Ciamis

Lomba Merpati di Ciamis Dongkrak UMKM

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang diwakili oleh Asda 2 Kabupaten Ciamis, Aep Saepuloh mengatakan, lomba merpati tinggi di Kabupaten Ciamis akan bisa lebih berkembang ketika melihat animo peserta seperti saat ini.

Menurut Asep, pihaknya yakin kedepannya lomba ini akan menjadi ajang bergengsi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Karena dengan adanya lomba ini bukan hanya dinikmati oleh para peserta atau pecinta merpati saja. Tapi juga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat melalui UMKM-nya.

“Banyak sekali masyarakat yang berjualan sekitar arena kegiatan. Ini merupakan salah satu nilai ekonomi yang sangat luar biasa sekali,” katanya.

BACA JUGA:  Bharada E Jujur saat Diperiksa dengan Alat Antibohong

Asep juga menyampaikan, piala bergilir Bupati Ciamis Cup tersebut bisa menjadi piala tetap jika kedepannya masih pemenang yang sama.

“Kata Pak Bupati, piala itu akan bisa menjadi piala tetap jika pemenang yang sekarang bisa mempertahankan juara hingga dua kali berturut-turut. Alhamdulillah, bupati juga sangat mendukung adanya kegiatan lomba lomba seperti ini. Karena bisa mendongkrak ekonomi masyarakat,” terang Asep,

Selain piala bergilir, Bupati Ciamis juga memberikan bantuan kepada panitia pelaksana kegiatan. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Asda II Ciamis.

Dalam Lomba Merpati Tinggi Bupati Ciamis Cup itu, juara pertama Tim Meteor asal Bandung. Kemudian, juara dua Tim Jeleger, dan juara tiga Wulan KHY. (Suherman/R3/HR-Online/Editor-Eva)