Beranda Berita Nasional Ketua PPC Sesalkan Kolam Ikan Koi di Tirta Winaya Ciamis Tak Terurus

Ketua PPC Sesalkan Kolam Ikan Koi di Tirta Winaya Ciamis Tak Terurus

Ketua-PPC-Sesalkan-Kolam-Ikan-Koi-di-Tirta-Winaya-Ciamis-Tak-Terurus.jpeg

harapanrakyat.com,- Ketua Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) Hendar Suhendar, menyayangkan kolam ikan koi yang berada di lokasi Tirta Winaya Ciamis, terbengkalai dan tak terurus.

Bahkan, jumlah ikan koi yang dulu ditebar sebanyak 4 ribu ekor, kini hanya tinggal puluhan saja.

“Saya sudah dua kali datang langsung ke lokasi untuk melihat perkembangannya, akan tetapi saya terkejut karena kolamnya tak terurus dan ikannya sudah sedikit,” ujar Hendar Selasa (25/10/2022).

Hendar menjelaskan, ikan koi tersebut merupakan hibah dari paguyuban pembudidaya perikanan Ciamis (PPC) tahun 2020.

“Saat itu kita tebar benih ikan koi sebanyak 4 ribu ekor, tapi sekarang tak terurus. Banyak ikan koi yang mati dan dimakan biawak,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pipa PLTMH Cirompang Garut Jebol Akibat Pergerakan Tanah

Ia mengatakan, tujuan PPC memberikan hibah ikan koi kepada Pemda Ciamis, dalam upaya mendorong meningkatnya kunjungan wisata ke Tirta Winaya Ciamis.

“Kita ketahui bersama, bahwa kunjungan ke kolam Tirta Winaya begitu sedikit malahan tidak ada. Jadi kita inisiasi tebar ikan koi, dengan harapan menjadi sebuah magnet pariwisata baru kepada pengunjung saat berwisata ke kolam Tirta Winaya,” katanya.

Hendar menjelaskan, setelah melihat kondisi kolam semakin memprihatinkan, pihaknya melakukan koordinasi bersama Dinas Peternakan.

“Alhamdulilah, pihak dari Disnakan langsung melakukan langkah cepat dengan melakukan karantina kepada puluhan ikan koi yang masih hidup di kolam tersebut,” jelas Hendar.

Lanjutnya, meskipun itu bukan ranah Dinas Peternakan, tapi responnya sangat baik, dengan melakukan penangkapan ikan koi yang masih hidup untuk dipindahkan ke balai benih ikan (BBI) terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Legislator Ajak Kader PKK Perangi Stunting

Baca juga: Duh, Sejumlah Perusahaan Belum Bayar Pajak Reklame di Ciamis

Dinas Peternakan Ciamis Ambil Alih Perawatan Ikan Koi Tirta Winaya

Sementara itu Kabid  Kabid  Keswan, Ikan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Disnakan Ciamis, drh Yanti Herayani membenarkan, pihaknya melakukan respon cepat ketika mendapatkan laporan bahwa ikan koi yang berada di kolam Tirtawinaya Ciamis tidak terurus.

“Kita sebelumnya koordinasi dengan Dinas Pariwisata Ciamis, dan kemudian melakukan tindakan dengan menangkap ikan yang masih ada dan ikan tersebut sekarang dikarantina di BBI Ciamis,” terangnya.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Ciamis dari Demokrat Bantu Perjuangkan Perbaikan Rumah Warga yang Ambruk

Yanti menjelaskan, terkait dengan ikan koi yang saat ini sedang dikarantina, pihaknya akan melakukan koordinasi lanjutan, apakah ikan yang masih ada akan dilepas kembali ke kolam Tirta Winaya, ataupun di tempat wisata lain.

“Karena ranah tersebut ada di Dinas Pariwisata Ciamis. Kita berupaya melakukan koordinasi, untuk memilih tempat yang cocok agar ikan tersebut hidup dan menjadi daya tarik wisata,” jelasnya. 

Sementara itu saat dihubungi lewat teleponnya, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dian Kusdiana, belum bisa memberikan komentar mengenai ikan koi yang terbengkalai di Tirta Winaya. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)