Beranda Berita Nasional Kawah Cibuni Rengganis, Destinasi Wisata Unik Bonus Terapi

Kawah Cibuni Rengganis, Destinasi Wisata Unik Bonus Terapi

Kawah-Cibuni-Rengganis-Destinasi-Wisata-Unik-Bonus-Terapi.jpg

Kawah Cibuni Rengganis merupakan destinasi wisata populer di Provinsi Jawa Barat. Kawah Rengganis menawarkan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Selain itu, kehadiran pemandian air panas di kawasan ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kawah Cibuni Rengganis dan Sejuta Pesonanya

Anda tentu sudah tidak asing dengan wisata Kawah Putih yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata tersebut memang sangat memukau, sehingga berhasil mengundang atensi banyak pengunjung dari seluruh penjuru.

Baca Juga: Jelajahi 5 Objek Wisata Favorit di Ciwidey dengan Segala Keindahannya

Namun ternyata, Kawah Putih bukanlah satu-satunya destinasi yang layak Anda kunjungi. Terdapat sejumlah wisata kawah lainnya di Provinsi Jawa Barat yang tidak kalah mempesona. Salah satunya yaitu Kawah Rengganis.

Kawah Cibuni Rengganis terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya tepat berada di lembah perbukitan Gunung Patuha bagian timur (termasuk kawasan Rural Low Vulkanis).

BACA JUGA:  Penginapan Murah Subang: Daftar Alamat dan Tarif (2024)

Konon katanya, Kawah Rengganis sudah ada sejak abad ke-18, pasca meletusnya Gunung Patuha. Namun, lokasinya baru teridentifikasi oleh masyarakat pada 1970-an. Kawah ini melewati proses pembangunan pada awal 2000an, kemudian resmi menjadi tempat wisata hingga sekarang.

Keunikan Rengganis mampu mengantarkannya menjadi destinasi paling recommended setelah Kawah Putih dan Situ Patenggang. Adapun daya tarik yang Kawah Cibuni Rengganis miliki antara lain:

1. Pemandian Air Panas

Seperti telah tertera sebelumnya, Kawah Rengganis cukup terkenal berkat sumber air panas alami. Air panas ini diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sehingga tak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk mandi sekaligus merilekskan tubuh.

Tersedia kolam-kolam pemandian berukuran besar yang mampu menampung banyak pengunjung. Salah satunya kolam berbentuk hati, yang terlihat sangat menggemaskan dari ketinggian.

BACA JUGA:  PNS vs ASN Ternyata Beda, Jangan Keliru Ya!

Baca Juga: Green Corner Pangalengan, Berkemah di Tepi Danau Situ Cileunca

Terlebih dengan warna air biru kehijauan dan tanah kecoklatan menampilkan kontras yang unik.

2. Jembatan Gantung Legendaris

Daya tarik berikutnya dari Kawah Cibuni Rengganis adalah spot jembatan gantung legendaris ‘Suspension Bridge’. Jembatan ini terletak pada ketinggian 1300 Mdpl dengan panjang 370 Meter.

Menjadi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara mengalahkan Situ Gunung Sukabumi yang panjangnya hanya 250 Meter.

Berada di ketinggian, membuat Suspension Bridge Rengganis memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tersedia banyak spot foto menarik untuk memenuhi kebutuhan postingan Anda di media sosial. Tak perlu takut berada di atas jembatan, karena pihak pengelola telah memastikan sistem keamanannya terjamin.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Keren di Subang 2024, No. 4 Viral

Fasilitas, Harga Tiket, dan Jam Buka

Sebagai salah satu tujuan wisata populer, pihak pengelola Kawah Cibuni Rengganis tentunya sudah menyediakan fasilitas lengkap. Seperti toilet bersih, parkiran luas, tempat ibadah, hingga restoran untuk menikmati hidangan khas.

Sementara itu, harga tiket masuk ke kawasan Kawah Rengganis berbeda-beda tergantung paket yang Anda pilih. Untuk tiket kawahnya sendiri hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang.

Baca Juga: Wahana Alam Parung Tasikmalaya Cocok Buat Liburan Keluarga

Sementara jika ingin berendam di kawah sekaligus naik ke Suspension Bridge tiketnya menjadi Rp 70.000 per orang.

Wisata Kawah Cibuni Rengganis sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Saat weekend dan musim liburan, kawasan ini selalu penuh dengan pengunjung. Tertarik untuk berkunjung? (R10/HR-Online)