Beranda Berita Nasional Kasus Positif Covid-19 di Jawa Tengah Meningkat

Kasus Positif Covid-19 di Jawa Tengah Meningkat

72bb42ce6b021600735036773e3a0d7b.jpg

KBRN, Jakarta: Kasus positif Covid-19 di tiga wilayah Jawa Tengah mengalami kenaikan. Terkait hal itu, pemerintah meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 terutama varian Delta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tiga wilayah itu yakni Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang.

“Perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian di beberapa wilayah di Jawa Tengah,” kata Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (13/9/2021).

BACA JUGA:  Heboh Tagihan Pasien Covid-19 Capai Rp456 Juta

Untuk itu, Luhut mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap varian baru Covid-19.

“Ingat yang lalu, kita sudah kena Covid varian Alfa, sekarang kita menghadapi varian Delta yang lebih dahsyat,” katanya.

Luhut pun mengatakan, situasi Covid-19 yang membaik begitu cepat di Jawa Bali, menyebabkan penurunan level PPKM yang lebih cepat dibandingkan perkiraan pemerintah.

BACA JUGA:  Moeldoko: Almarhum Tjahjo Kumolo Fokus dalam Bekerja

“Di sisi lain, kecepatan vaksinasi dan implementasi peduli lindungi serta protokol kesehatan masih tertinggal,” katanya.

PPKM akan dievaluasi setiap minggu. Dia meminta setiap kepala daerah untuk bekerja keras dalam penanganan Covid-19.

“Kami menerjunkan tim untuk dapat melihat dapat kondisi ini,” katanya.

Selanjutnya, level PPKM di berbagai daerah akan ditentukan dengan menggunakan indikator vaksinasi Covid-19. Setiap daerah harus mencapai target vaksin jika tidak ingin level PPKM dinaikkan.