Beranda Teknologi 10 Rekomendasi HP Gaming Murah, Lengkap!

10 Rekomendasi HP Gaming Murah, Lengkap!

hp-gaming-murah-MonicaZ82.jpg

Ponsel dan game seolah menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan dewasa ini. Bahkan, anak-anak saja sudah bisa membedakan mana ponsel yang nyaman untuk bermain game dan mana yang kurang mendukung. Apakah bermain game adalah sebuah kebutuhan atau hanya sarana hiburan semata? Meski banyak ponsel gaming di pasaran, namun harganya yang kurang ramah kantong membuat sebagian orang lebih memilih HP gaming murah sebagai solusinya.

Apabila kamu sedang mencari HP gaming terbaik di kisaran harga 2 jutaan atau bahkan lebih rendah, coba baca artikel Qoala satu ini. Di sini, kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi ponsel yang sesuai kemampuan atau isi kantong namun tetap mendukung bermain game meski tidak semulus HP gaming berteknologi tinggi.

Sekilas Tentang Apa Itu HP Gaming

Sekilas Tentang Apa Itu HP Gaming
Sumber Foto: Dean Drobot Via Shutterstock

Smartphone saat ini bisa kita dapatkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika kamu ingin membeli device yang bisa mendukung bermain game, ada HP gaming yang bahkan bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Memang benar jika performa dan kualitas HP gaming murah tidak bisa dibandingkan dengan HP gaming khusus atau bahkan ponsel flagship. Tetapi, setidaknya Hp gaming dengan harga terjangkau bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan ponsel untuk bermain game namun memiliki budget yang sangat terbatas.

Lalu, seperti apa HP gaming? Sebenarnya, dari namanya saja kita bisa mengenali bahwa HP gaming merupakan Hp yang dirancang untuk menghasilkan performa tinggi saat sehingga mendukung untuk bermain game. Sebenarnya, smarthpone gaming tidak memiliki standar khusus terlebih dari segi harga. HP gaming mungkin hanya sebuah gimmic atau trik marketing untuk menarik para pengguna smartphone terutama mereka yang ingin mendapatkan ponsel mumpuni setiap kali bermain game.

Setiap pabrikan mengkategorikan ponsel ke dalam berbagai kategori mulai dari flagship, mainstream, dan low-end. Jika yang kamu cari adalah HP gaming murah, kamu bisa memilih produk low-end yang banyak ditemukan di pasaran ponsel Indonesia dari berbagai brand berbeda.

Akan tetapi, HP gaming secara umum biasanya memiliki berbagai spesifikasi. Spesifikasi tersebut bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam menemukan HP gaming yang tidak hanya murah tetapi juga sesuai keinginan dan kebutuhan.

Selain menggunakan chipset seri tinggi, HP gaming umumnya dibekali dengan RAM di atas 8 GB agar performanya bagus saat digunakan untuk bermain game. Akan Namun, tidak menutup kemungkinan jika ponsel dengan RAM kurang dari 8 GB juga akan sangat bersahabat dengan para pecinta game.

Tidak jarang pula HP gaming dibekali dengan dukungan teknologi pendingin serta baterai berkapasitas besar. Jaringan yang cepat akan semakin meningkatkan pengalaman dalam bermain game di HP. Akan lebih baik jika ponsel gaming memiliki software serta aksesoris pendukung gaming.

Lagi dan lagi, semua dikembalikan kepada kebutuhan masing-masing individu yang berbeda. Setiap pengguna ponsel mungkin memainkan game yang berbeda sehingga tidak semua membutuhkan spesifikasi ponsel yang tinggi. Namun, spesifikasi ponsel yang mumpuni tentu akan sangat mendukung sehingga bermain game akan terasa lebih nyaman karena minim dan bahkan tanpa risiko lemot dan lain sebagainya.

Keunggulan HP Gaming

HP gaming? Rasanya istilah satu ini sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Banyak brand smartphone yang menawarkan produk dengan sebutan HP gaming karena memang sangat mendukung para pengguna dalam bermain game. Terlepas dari penggunaan HP gaming terkini dengan fitur dan teknologi canggih maupun HP gaming murah, apa saja sebenarnya keunggulan HP gaming?

BACA JUGA:  Ovo, GoPay, Dana & Link Aja: Pilih Mana?

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh gawai HP gaming:

  • Mendukung para pengguna dalam bermain game dengan lebih seru dan nyaman karena minim risiko lemot atau ngelag
  • Performa tinggi sehingga akan sangat lancar meski digunakan untuk bermain game berat
  • Baterai tahan lama dengan kapasitas baterai yang tinggi
  • Ukuran layar yang lebar sehingga akan terasa nyaman bahkan saat digunakan untuk aktivitas lain seperti bekerja atau sekedar menonton
  • Dilengkapi dengan dual speaker sehingga bermain game akan terasa lebih hidup

Daftar Harga HP Gaming Murah dan Spesifikasinya

Daftar Harga HP Gaming Murah dan Spesifikasinya
Sumber Foto: Shift Drive Via Shutterstock

Siapa bilang jika main hp hanya bisa di smartphone mahal saja? Kini, kamu bisa menikmati pengalaman game yang tidak kalah menarik di smartphone murah. Eits, murah bukan berarti murahan ya karena kualitasnya bisa diadu dan handal di kelasnya. Apa saja HP gaming yang bisa kamu pilih? Berikut adalah daftar lengkapnya!

1. Samsung Galaxy A02s

Jika kamu sedang mencari HP gaming 2022 yang tidak menguras isi dompet, coba pertimbangkan Samsung Galaxy A02s. Smartphone satu ini cocok dijadikan sebagai ponsel gaming terjangkau. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati game kesayangan tanpa harus membeli ponsel flagship.

HP dengan harga satu jutaan ini akan menemani setiap perjalanan bermain game kamu. Sebelum membeli ponsel satu ini, kamu bisa terlebih dahulu mengecek spesifikasinya. Apa yang akan kamu dapatkan dari Samsung Galaxy A02s yang bisa menjadi teman terbaik dalam bermain game? Berikut adalah spesifikasi lengkapnya

Layar: IPLS IPS, 440 nits (typ) 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio)
Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 506
RAM/ROM : 3GB, 4GB / 32GB
Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan: 5 MP
OS & Baterai: Android 10
Baterai: Type Li-Po 5000 mAh, non-removable + Fast charging 15W
Harga: mulai dari Rp 1,7 jutaan

2. Xiaomi Poco M3

Selain produk dari Samsung, kamu juga bisa mengandalkan produk Xiaomi untuk bermain game. Salah satunya adalah Xiaomi Poco M3, smartphone terjangkau namun sangat bersahabat dalam bermain game. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ponsel satu ini:

Layar: IPS LCD 6.67 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio
Chipset: Qualcomm Snapdragon 732G (8 nm)
CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPU: Adreno 618
RAM/ROM64/128GB 6/8GB RAM
Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan: 20 MP
OS: Android 10
Baterai: Li-Po 5160 mAh, non-removable + Fast Charging 33 W
Harga: Mulai dari Rp 3 jutaan

3. Xiaomi Redmi Note 9

Setiap orang tentu memiliki alasan masing-masing kenapa mereka memilih brand ponsel tertentu. Nah, jika kamu adalah penggemar gadget Xiaomi sekaligus pecinta games, kamu bisa mendapatkan produk yang tepat saat memilih Xiaomi Redmi Note 9. Hadir sebagai hp gaming murah dibawah 2 jutaan, berikut adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel satu ini:

Layar: IPS LCD 6.67 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio
Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU: Adreno 618
RAM/ROM : 64GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
Kamera Belakang: 48 MP, 8, MP, 2 MP, 2 MP
Kamera Depan: 16 MP
OS: Android 10
Baterai: TLi-Po 5020 mAh, non-removable + Charging Fast charging 18W
Harga: mulai dari Rp 1,9 jutaan

BACA JUGA:  Fitur Tangguh SHAREit Untuk Tingkatkan Performa Ponsel

4. Realme C12

Realme kini bisa kamu sejajarkan dengan para pendahulunya yang sudah lebih dahulu populer, terlebih dengan adanya Realme C12 yang menjadi solusi bermain game. Jadi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menggunakan ponsel satu ini sekaligus bermain game favorit. Dengan harga yang terjangkau, ponsel ini bahkan hadir dengan spesifikasi yang bisa memenuhi kebutuhan para penggunanya, yaitu:

Layar: Type IPS LCD, 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.7% screen-to-body ratio)
Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU: PowerVR GE8320
RAM/ROM : 3GB/32GB
Kamera Belakang: 13 MP, 2 MP, 2 MP, LED flash, HDR
Kamera Depan: Single 8 MP
OS: Android 10, realme UI 1.0
Baterai: Type Li-Po 6000 mAh, non-removable + Fast charging 10W
Harga: mulai dari Rp 1,6 jutaan

5. Realme C15

Masih di seri C, Realme menawarkan pilihan HP gaming 1 jutaan lainnya yaitu Realme C15. Dengan harga yang tergolong sangat terjangkau, kini bermain game menjadi lebih mudah sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli ponsel baru. Adapun spesifikasi ponsel satu ini adalah sebagai berikut:

Layar: Type IPS LCD, 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.7% screen-to-body ratio)
Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU: PowerVR GE8320
RAM/ROM : 3GB, 4GB / 32GB, 64GB
Kamera Belakang: Quad 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF, 8 MP, f/2.3, 119? (ultrawide), 2 MP B/W, f/2.4, 2 MP, f/2.4
Kamera Depan: Single 8 MP, f/2.0, (wide), LED flash, HDR
OS: Android 10, realme UI 1.0
Baterai: Type Li-Po 6000 mAh, non-removable + Fast charging 18W
Harga: mulai dari Rp 1,5 jutaan

6. Redmi Note 4X Snapdragon 625

Xiaomi seolah tidak pernah berhenti dalam memberikan produk-produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Bayangkan saja kamu bisa bermain game bahkan dengan ponsel harga Rp 1 juta. Meski tergolong murah, tetapi spesifikasi ponsel ini patut dipertimbangkan.

Layar: 5.5 inci
CPU: Qualcomm Snapdragon 625 Octa Core, 2 GHz
Memori : RAM 3/4GB, ROM 16/32GB
Kamera Belakang: 13 MP with Auto Focus, flashlight
Kamera Depan: 5 MP
OS: MIUI 8 based on android
Baterai: 4100mAh/4000mAh
Harga: mulai dari Rp 1 jutaan

7. Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi mampu bersaing dengan para kompetitor di masing-masing kelasnya melalui berbagai produk ponsel yang bisa mengerti kebutuhan para pengguna smartphone. Kali ini, kamu akan senang menggunakan Xiaomi Redmi 5 Plus karena ponsel tersebut bisa kamu gunakan untuk bermain game. Akan tetapi, harganya sangat terjangkau bahkan di bawah Rp 1,5 jutaan. HP ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas namun ingin bermain game dengan nyaman. Berikut adalah spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus:

Layar: 5.9 inci
Chipset:
CPU: Snapdragon 625 Octa-core Cortex-A53, 2 GHz
Memori : RAM 3/4GB, ROM 32/64GB
Kamera Belakang: 12 MP
Kamera Depan: 5 MP
OS: Android 7.1.2 (Nougat)
Baterai: 4000 mAh
Harga: mulai dari Rp 1 jutaan

BACA JUGA:  4 Tips Ala POCO yang Bikin Kamu Selalu Tampil Keren di Tongkrongan

8. ASUS Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL)

Brand lain yang mampu memberikan HP gaming dengan harga terjangkau adalah ASUS. Keberadaan ASUS Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL) menambah daftar HP gaming murah 1 jutaan. Dengan begitu, kamu semakin memiliki banyak pilihan saat mencari ponsel yang mendukung bermain game namun tidak memiliki budget yang tinggi. Untuk spesifikasinya, kamu bisa cek di bawah ini!

Layar: 6 inci
CPU: Qualcomm Snapdragon 636 with 14nm, 64-bit octa-core
Memori: RAM 3G/4/6GB, ROM 32/64GB
Kamera Belakang: 13MP + 5MP (RAM 3GB/4GB) / 16MP + 5MP (RAM 6GB)
Kamera Depan: 8MP (RAM 3GB/4GB) / 16MP (RAM 6GB)
OS: Android 8.1 Oreo
Baterai: 5000 mAh
Harga: mulai dari Rp 1 jutaan

9. Xiaomi Mi A2 Lite RAM 3GB/32GB

Siapa bilang jika HP harga 1 jutaan tidak mendukung untuk bermain game? Sebenarnya, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan game dan pemakain ponsel. Nyatanya, kamu bisa mencoba Xiaomi Mi A2 Lite RAM 3GB/32GB yang bisa memberikan pengalaman bermain game yang baru. Agar semakin yakin, berikut adalah spesifikasi dari ponsel ini:

Layar: IPS 5.84-inch Full HD+, 432ppi, 2.5D Glass
Chipset: Qualcomm Snapdragon 625
Prosesor: octa-core 2.0GHz Cortex A53
Memori: 3GB/32GB
Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2, PDAF) + 5 MP
Kamera Depan: 5 MP
OS: Android 8.1 Oreo (Android One Program)
Baterai: 4000 mAh
Harga: mulai dari Rp 1 jutaan

10. Realme Narzo 20

Rekomendasi HP gaming murah 2021 yang masih bisa kamu pertimbangkan bahkan di tahun 2022 adalah Realme Narzo 20. HP 2 jutaan satu ini bisa kamu dapatkan di angka 2 jutaan sehingga sangat bisa kamu sesuaikan dengan budget yang ada. Meski demikian, spesifikasinya bisa kamu bandingkan dengan smartphone lain di kelasnya.

Layar: LCD IPS, 6.5 inci
Chipset: Mediatek Helio G85
CPU: Octa-core clockspeed 2.0Ghz
GPU: Mali-G52 MC2
RAM/ROM : 4/64GB
Kamera Belakang: 48 MP (main) 8 MP (ultra-wide) 2 MP (macro)
Kamera Depan: 8 MP
OS: Android 10.0; realme UI
Baterai: 6000 mAh, 18W
Harga: mulai dari Rp 2,1 jutaan

Sudah mendapatkan HP gaming murah yang tepat? Tidak bisa dipungkiri jika HP gaming dengan spesifikasi yang tinggi akan memberikan pengalaman bermain game yang berbeda. Sayangnya, ponsel dengan embel-embel gaming dibanderol dengan harga yang tinggi. Sehingga tidak semua orang bisa menjangkaunya karena alasan harga tersebut.

Tetapi, bermain game sebenarnya bisa dilakukan dengan HP biasa. Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana caranya agar HP tetap berjalan secara optimal saat kamu gunakan untuk bermain game. Ya, kamu bisa mengurangi memori penyimpanan yang tidak perlu dan tetap merawat kesehatan baterai sehingga tidak mudah habis.

Jika HP gaming murah dirasa tidak bisa memenuhi kebutuhan gaming kamu sedangkan kamu seorang gamer profesional, tidak ada pilihan lain selain membeli ponsel yang mumpuni. Apabila HP gaming yang kamu beli merupakan ponsel flagship, kamu bisa segera melindunginya dengan membeli asuransi smartphone khusus ponsel flagship.

Untuk informasi lain seputar smartphone, kamu bisa terus mengakses Qoala blog yang menyajikan informasi beragam. Dengan begitu, kamu bisa menggali informasi sesuai kebutuhan entah memilih ponsel yang tepat sesuai kebutuhan atau bahkan cara merawat ponsel agar tetap memiliki performa maksimal.